Menu Navigasi Halaman
Dinas Kesehatan Prov. NTB Jln. Amir Hamzah No. 103 Mataram Telp. (0370) 621786, 633507 Fax : (0370) 633507

Juknis Profil Kesehatan Kabupaten/Kota yang Terbaru Tahun 2013

Juknis Profil Kesehatan Kabupaten/Kota yang Terbaru Tahun 2013

          Salah satu sarana yang dapat digunakan untuk melaporkan pemantauan  dan evaluasi terhadap pencapaian hasil pembangunan kesehatan, termasuk kinerja dari penyelenggaraan pelayanan minimal  di bidang kesehatan di kabupaten/kota  adalah Profil  Kesehatan Kabupaten/Kota. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa profil kesehatan kabupaten/kota ini pada intinya berisi berbagai data/informasi yang menggambarkan situasi dan kondisi kesehatan masyarakat di kabupaten/kota.

Oleh karena kedudukannya yang sangat strategis, penyusunan Profil Kesehatan Kabupaten/Kota perlu dicermati dan sedapat mungkin  menggunakan petunjuk teknis sebagai acuan sehingga dapat dikompilasi menjadi Profil Kesehatan Provinsi dan selanjutnya menjadi Profil Kesehatan Indonesia serta dapat dikomparasikan antara satu daerah dengan daerah lain. Hal tersebut merupakan  salah satu tujuan diterbitkannya buku  Petunjuk Teknis  Penyusunan Profil Kesehatan Kabupaten/Kota ini.

Buku ini disusun dengan format baru, dengan modifikasi dari Petunjuk Teknis  Profil Kesehatan Kabupaten/Kota  (edisi data terpilah)  Tahun 2011.  Selain tetap  menyajikan data kesehatan yang terpilah menurut jenis kelamin, format petunjuk teknis ini juga memperbarui indikator-indikator yang berkembang di bidang kesehatan, termasuk  perubahan  definisiindikator.  Data kesehatan yang responsif gender  diperlukan  untuk  mengidentifikasi ada-tidaknya serta besaran kesenjangan mengenai  kondisi, kebutuhan, dan persoalan yang dihadapi laki-laki dan perempuan terkait dengan akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat dalam pembangunan bidang kesehatan.

Penerapan petunjuk teknis ini dilakukan secara bertahap sesuai kesiapan daerah dan diharapkan mulai diberlakukan pada penyusunan profil kesehatan kabupaten/kota tahun  2014 (data tahun 2014).

Petunjuk teknis  ini disajikan dalam bentuk  soft copy  dapat diunduh di sini atau pada lampiran dibawah, sehingga memudahkan para pengelola data dalam penyusunan Profil Kesehatan  Kabupaten/Kota. Dengan tersedianya data kesehatan dalam bentuk Profil Kesehatan diharapkan dapat bermanfaat bagi kabupaten/kota untuk mengadakan evaluasi program pembangunan kesehatan di wilayahnya.

Lampiran :

  1. Juknis Penyusunan Profil Kesehatan Kabupaten Kota 2013

Beri komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>