Obat Pembunuh Jentik Nyamuk (ABATE)

SEKILAS TENTANG ABATE ( TEMEPHOS )

Abate ( Temephos ) adalah : Larvasida sangat kuat yang secara efektif mengontrol fase larva (jentik) nyamuk sebagai penyebar penyakit.

Kelebihan Abate :

  1. Sangat efektif untuk mengendalikan semua jentik nyamuk pada dosis rendah
  2. Petahanan pertama terhadap penyakit yang disebabkan oleh nyamuk
  3. Tidak menimbulkan residu
  4. Daya racun yang rendah bila digunakan sesuai petunjuk

Mengapa menggunakan Abate ?

Sudah mendapatkan rekomendasi dari WHO, Kementerian Kesehatan secara nasional menggunakan Abate untuk kegiatan larvasidasi,

Bagaimana Abate bekerja ?

Abate (Temephos) bekerja dengan cara menghambat enzim penting fungsi sistem saraf.

Melakukan treatment menggunakan abate pada air tergenang akan membunuh jentik nyamuk sebelum tumbuh dewasa dan mampu bereproduksi, ini ditujukan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk sebagai serangga pembawa penyakit sehingga dapat meminimalkan penyebaran penyakit.

Bagaimana dari segi keamanan , keselamatan bersama ?

Abate sangat efektif digunakan dengan dosis yang sangat rendah, Jika digunakan sesuai dengan aturan, abate tidak berbahaya bagi manusia, ikan, burung dan organisme lain yang tidak menjadi sasaran.

Abate bekerja cepat dan memiliki efek residu yang sangat baik :

Abate  bekerja dengan cepat untuk mengendalikan nyamuk dan populasi serangga  lainnya karena membunuh larva  serangga sebelum mereka menjadi dewasa. Residu yang baik dari Abate mencegah kembalinya serangga selama berminggu – minggu . Selain itu , karena  abate memiliki kelas kimia yang berbeda daripada insektisida  berbasis piretroid ditujukan untuk  serangga dewasa, sangat mengurangi kemungkinan perlawanan.

Bentuk dan Tekstur :

Berwarna coklat muda / keabu – abuan, berbentuk seperti pasir halus, dengan warna merah pada bagian tengahnya , memudahkan menembus sampai kebagian dalam perairan.

Dosis Aplikasi :  10 gram / 100 liter air  ( 10 gram untuk 100 liter air ) , penggunaan dilapangan dibungkus dengan plastik  obat dan diberikan lubang – lubang  dengan cara menusuk plastik dengan jarum secara berulang – ulang, setelah lubang cukup banyak  plastik dimasukan pada  tempat  sasaran ( Bak mandi, Gentong dll ).

Kapan  harus  mengganti  dan menebarkan abate :

Sebarkan Abate pada tempat sasaran ( bak mandi, gentong dll ) , dan ulangi pemakaian setiap : 2 – 3 bulan , setelah itu diganti lagi.

Kemasan Abate yang beredar :

  1. Abate 1 GR :  adalah mengndung bahan aktif 1 % per kilogram  ( bentuk bubuk pasir )
  2. Abate 500EC : adalah larutan yang mengandung 500 gram bahan aktif per liter ( bentuk cairan )

Abate yang digunakan di Provinsi NTB ( Dinas Kesehatan Provinsi NTB ) :

Adalah Abate 1 GR  ( Temephos ) yang dibagikan kepada masyarakat ( dalam bentuk dibungkus dengan plastik obat  = 10 gram ), dibagikan oleh tenaga kesehatan  di Puskesmas, Kader Kesehatan, Kader Posyandu .

Pembagiannya tidak dipungut biaya / GRATIS .

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook