Forum Diskusi Germas Tingkat Provinsi NTB

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan salah satu unggulan pembangunan kesehatan dewasa ini. Germas merupakan jawaban atas berbagai masalah kesehatan yang dihadapi bangsa ini. Sejak tahun 2000-an, kejadian PTM terus mengalami peningkatan yang signifikan mengalahkan kejadian penyakit menular. Lima penyakit teratas pada tahun 2015 merupakan PTM yaitu stroke, jantung, kanker, diabetes mellitus dan kecelakaan lalu lintas. Hal ini karena pergeseran gaya hidup seperti kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan makan makanan instan yang penuh dengan gula, garam dan lemak, kebiasaan merokok, alkohol. Mencegah dan mengendalikan PTM dapat dilakukan dengan  mempraktekkan gaya hidup sehat. Semua komponen masyarakat harus bergerak bersama melaksankaan GERMAS agar terwujud masyarakat yang sehat. Faktor risiko PTM bisa menyerang siapa saja, tidak pandang usia, kaya atau miskin, jenis pekerjaan atau lainnya. Kampanye Germas harus dimulai dari instansi pemerintah selaku pembuat kebijakan. Oleh karena itu diperlukan diskusi dengan para pejabat struktural organisasi perangkat daerah di  Provinsi NTB dan organisasi masyarakat potensial untuk merumuskan langkah dan bentuk-bentuk kegiatan implementasi Germas di lapangan. Pada tanggal 26 Juli 2017 bertempat di Hotel Lombok Raya Mataram Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan Forum Diskusi GERMAS dengan melibatkan Kepala OPD lingkup pemerintah Provinsi NTB dan organisasi wanita (Fatayat NU dan Muslimat NW). Acara dibuka oleh Assisten I Pemerintah Provinsi NTB Bapak DR. M. Agus Patria,SH,MH. Dalam arahannya Beliau berpesan agar peserta pertemuan harus memahami betul apa itu GERMAS dan hal-hal yang bisa dilakukan sesuai tupoksi dalam mengimplementasikan GERMAS. Selanjutnya mensosialisasikan, mengajak dan mengedukasi masyarakat. Yang tidak kalah penting, beliau meminta peserta agar siap menjadi contoh bagi masyarakat dalam bergaya hidup sehat. Kalaupun ada peserta yang mewakili pimpinan tetap memiliki kewenangan mengambil keputusan. Pada akhir pertemuan, dihasilkan komitmen pelaksanaan GERMAS yang ditandatangani semua peserta. Adapun point-point komitmen peserta antara lain :

  1. Menyediakan lingkungan sehat seperti air bersih dan jamban sehat di tempat kerja.

  2. Menyediakan tempat pembuangan sampah di kantor dan membudayakan ASN buang sampah pada tempatnya.

  3. Aktif melakukan kampanye makan sayur dan buah melalui media spanduk dan penyediaan penganan sehat dari buah pada saat rapat-rapat di kantor.

  4. Melakukan tes kebugaran ASN minimal 6 bulan sekali.

  5. Melakukan senam peregangan di tempat kerja 2 kali sehari pada pukul 10.00 dan 14.00 WITA.

  6. Melakukan cek kesehatan ASN minimal 6 bulan sekali dengan menyelenggarakan posbindu di tempat kerja.

  7. Mengaktifkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di tempat kerja dengan menyediakan ruang merokok di ruang terbuka, meningkatkan pengawasan dan menegakkan sanksi kepada ASN yang melanggar.

  8. Menyediakan ruang menyusui di tempat kerja.

  9. Aktif melakukan sosialisasi dan edukasi hidup sehat di tempat kerja dan ke masyarakat umum.

  10. Menyusun dan menetapkan kebijakan yang mendukung pelaksanaan GERMAS;

  11. Memfasilitasi pelaksanaan GERMAS melalui perencanaan dan penganggaran di dinas/instansi masing-masing yang didukung oleh Bappeda;

  12. Melakukan pemantauan bersama terhadap pelaksanaan GERMAS di OPD lingkup Pemerintah Provinsi NTB;

Foto Kegiatan :

Mungkin Anda Menyukai

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook