Peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) 2017

Eliminasi malaria adalah upaya untuk membebaskan masyarakat dari malaria. Eliminasi malaria selambat-lambatnya dicapai pada tahun 2030 sesuai kesepakatan global pada siding WHA ke 60 di Geneva tanggal 25 April 2007 dan kesepakatan regional Asia Pasific Malaria Elimination Network (APMEN) tahun 2014.

Sebagai bentuk komitmen pemerintah, maka diterbitkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : 293/Menkes/SK/IV/2009 tanggal 28 April 2009 tentang eliminasi malaria  di Indonesia beserta  lampiran Pedoman Eliminasi Malaria sebagai acuan pelaksanaannya, yang diperkuat dengan Perpres Nomor 2 tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangkah Menegah  Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019 yang menetapkan eliminasi malaria sebagai indikator kinerja program Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dengan target bahwa pada tahun 2017  ada 265 kabupaten/kota eliminasi malaria.

Hari Malaria Sedunia (HMS) diperingati setiap tanggal 25 April. Untuk tahun  2017, tema globalnya adalah “End Malaria For Good” dan tema nasional “Dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kita Wujudkan Indonesia Bebas Malaria”.  Ada 3 (tiga) sub –tema yang diangkat yakni 1) Pakai kelambu anti nyamuk cegah malaria, 2) temukan dan obati malaria, langkah awal menuju eliminasi, dan 3) bersama mitra kita sukseskan eliminasi malaria. Tujuannya untuk meningkatkan komitmen pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait serta peran aktif seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan Indonesia bebas malaria.

Sasaran dari kegiatan tersebut mulai dari decision/policy makers (legislatif maupun eksekutif), organisasi masyarakat/keagamaam/profesi, LSM, penyandang dana, lintas sector, swasta maupun masyarakat terutama di daerah endemis malaria.

Peringatan HMS tahun 2017 di Provinsi NTB diisi dengan kegiatan pemasangan media luar ruang berupa spanduk, talkshow dengan TV lokal yang dilaksanakan tanggal 25 April dan pembagian kelambu secara simbolis oleh Bupati Dompu yang dirangkaikan dengan event nasional “festival Tambora” serta kegiatan penemuan dan pengobatan penderita malaria.

Dengan terselenggaranya peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) tahun 2017 diharapkan dapat meningkatakan komitmen untuk mengeliminasi malaria dan bagi daerah yang dinyatakan bebas malaria dapat mempertahankannya. Semoga semangat peringatan HMS mendorong kita lebih aktif dalam memberantas malaria

Mungkin Anda Menyukai

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook