PERTEMUAN PENGUATAN SURVEILANS

PERTEMUAN PENGUATAN SURVEILANS

Lombok Plaza, 9 – 10 Maret 2017

Pada Pertemuan Penguatan Surveilans (9 s/d 10 maret 2017) yang lalu, wacana yang di bahas adalah mengenai Pelaporan data P2TB, pertemuan ini dilaksanakan agar diperoleh data yang valid untuk diola, dianalisis, diinterpretasi, disajikan dan disebarluaskan untuk dimanfaatkan sebagai dasar perbikan program. Data yang dikumpulkan hasulah lengkap, akurat dan sesuai dengan indikator program.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dalam hal ini ibu dr.Nurhandini Eka Dewi, Sp.A. membuka acara yang kemudian dilanjutkan dengan menyampaikan materi. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB kualitas data yang baik akan membuat data menjadi valid. Kepasa seksi P2P juga pada acara tersebut memberikan materi dan menyampaikan bahwa periode data pelaporan P2TB tahun 2016 akan ditutup pada tanggal 15 Maret 2017. Namun berdasarkan rekap data per tanggal 17 perbruari 2017 ditemukan bahwa pada triwulan I ada 3 Kab/Kota, triwulan III ada Kab/Kota dan triwulan IV ada 8 Kab/Kota yang belum melengkapi data TB. Turut disampaikan juga cakupan penemuan data TB semua tipe di NTB sebesar 5.921 kasus dengan CNR (Case Notification Rate) sebesar 125 per 100.000 penduduk masih jauh dari target penemuan kasus sebesar 6.921 kasus. Sedangkan angka keberhasilan pengobatan (Success Rate) sebesar 89%, ini masih kurang dari target 90% dimana NTB pada 3 tahun terakhir masuk dalam 5 besar provinsi dengan angka keberhasilan pengobatan.

Ole sebab itu, Pertemuan Penguatan Surveilans diadakan yang mengundang seluruh Wasor TB Kab/Kota untuk mengumpulkan, melengkapi dan memvalidasi data pelaporan TB periode pelaporan tahun 2016 dan menginformasikan cara pengisian Formulir TB. (9 s/d 10 Maret 2017)

Narator : Sugeng W.

Galeri Foto :

Mungkin Anda Menyukai

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook