Sosialisasi Germas Di Kabupaten Bima Dan Kota Bima

GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) merupakan program unggulan pembangunan kesehatan saat ini. Berangkat dari perubahan beban penyakit dari penyakit menular ke penyakit tidak menular (PTM) seperi jantung, kanker, diabetes melitus dll, Pemerintah mengajak seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat umum untuk secara serentak dan bersama-sama mempraktekkan perilaku hidup sehat.

Angka kesakitan dan kematian karena PTM sudah sampai pada tahap mengkhawatirkan, demikian pula beban pembiayaan untuk pengobatan PTM. Untuk pengobatan penyakit jantung saja, BPJS harus mengeluarkan dana 6,5 M pada tahun 2015, untuk penyakit ginjal 2,5 M, belum lagi PTM yang lain. Oleh karena itu  pada tanggal 14 dan 15 Juli 2017, Dinas Kesehatan Provinsi NTB bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI dan Komisi IX DPR RI melaksanakan Sosialisasi GERMAS di Kabupaten Bima dan Kota Bima. Sosialisasi ini diikuti oleh stakeholder kesehatan, lintas sektor, organisasi profesi, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, organisasi wanita dan masyarakat umum. Dalam kesempatan ini Ibu Hj.Dra. Ermalena,MHS (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI) menyampaikan kepada peserta sosialisasi bahwa masyarakat harus memiliki tekad yang kuat mempraktekkan hidup sehat agar dapat tetap sehat dan produktif dan terhindar dari penyakit. Perlu tekad yang kuat karena tantangan kemajuan teknologi yang memanjakan dan mengkondisikan setiap orang malas bergerak.

Demikian pula serangan informasi melalui berbagai saluran media membentuk mindset masyarakat untuk memilih produk-produk makanan olahan untuk dikonsumsi sehari-hari, padahal tidak menjamin kesehatan yang mengkonsumsinya. Mengenai rokok, janganlah terus berdebat, mari hilangkan kebiasaan merokok dan yang lebih penting semua harus bersepakat untuk mencegah anak-anaknya untuk tidak merokok. Usia remaja menjadi pasar potensial produk rokok.

Pada akhir sosialisasi dilakukan penandatanganan komitmen dan makan buah lokal secara bersama-sama. Ibu Theresia Irawati dari Kemenkes RI sangat berharap agar konsumsi buah ini tidak hanya dilakukan saat sosialisasi saja tetapi agar dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa itu tidak ada manfaat yang bisa didapatkan, hanya selesai sampai ceremonial saja. Semoga GERMAS membumi di Tana Mbojo.

Foto Kegiatan :

Mungkin Anda Menyukai

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook