Workshop Penyususnan Kebutuhan SDM Kesehatan di Provinsi Tahun 2017

Perencanaan SDM Kesehatan adalah upaya penetapan jenis, jumlah, kualifikasi dan distribusi tenaga kesehatan sesuai dengan kebutuhan pembangunankesehatan. Perencanaan Tenaga Kesehatan dilakukan secara berjenjang yang dimulaidari Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Pemerintahdaerah provinsi, sampai dengan pemerintah secara nasional berdasarkan ketersediaanTenaga Kesehatan.

Pada tahun 2015 diterbitkan Permenkes No. 33 Tahun 2015tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya ManusiaKesehatan yang meliputi , Pedoman Umum, Pedoman Tingkat Provinsi, dan Pedoman Tingkat Kabupaten/Kota. Pedoman tersebut telah dilengkapi dengan 3(tiga) Buku Manual.

Selain itu juga telah dirancang aplikasi metode perencanaan SDMKesehatan, dimana aplikasi ini menggunakan open source (gratis)berbasis internetdalam bentuk online dan offline. Aplikasi ini telah disosialisasikan di TingkatDinas Kesehatan Provinsi dan seluruh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota padapenanggung jawab perencanaan SDM Kesehatan.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB pada bulan Juli 2017 melakukanWorkshop Perhitungan Kebutuhan SDM Kesehatan Tingkat Provinsi NTB danditindaklanjuti tingkat Kabupaten/Kota seluruh NTB, pada tahap selanjutnya adalahpenyusunan dokumen rencana kebutuhan SDM Kesehatan, yang dimulai daripenyusunan dokumen rencana kebutuhan SDM Kesehatan tingkat kabupaten/kota,selanjutnya di tingkat Provinsi diawali dengan kegiatan “Workshop PenyusunanRencana Kebutuhan SDM Kesehatan di Provinsi.

Mungkin Anda Menyukai

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook