Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Be Active Everyday

Setiap tanggal 6 April diperingati sebagai Hari Aktivitas Fisik Sedunia, hal ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik sangatlah penting untuk kesehatan.  Melakukan aktivitas fisik setiap hari adalah salah satu fondasi dari gaya hidup sehat.

Aktifitas fisik adalah segala bentuk gerakan tubuh yang terjadi oleh karena kontraksi otot skelet/rangka yang menyebabkan peningkatan kebutuhan kalori atau penggunaan kalori tubuh melebihi dari kebutuhan energi dalam keadaan istirahat (WHO, 2018).

Aktivitas fisik sebagai bagian dari PHBS merupakan hal yang sangat penting di masa pandemik Covid-19 yang masih berlangsung saat ini. Dikutip dari International Journal of Cardiovascular Science, olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang, dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Ada banyak manfaat aktifitas fisik menurut Kemenkes RI, diantaranya adalah :

  1. Mengurangi Kecemasan
  2. Mengendalikan Stress.
  3. Meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh.
  4. Mengendalikan kadar kolesterol.
  5. Memperbaiki kelenturan sendi dan kekuatan otot
  6. Mengendalikan Berat Badan
  7. Mengendalikan Tekanan Darah
  8. Menurunkan resiko keropos tulang (osteoporosis) pada wanita.
  9. Mencegah Diabetes Melitus atau Kencing Mani
  10. Memperbaiki Postur Tubuh.

Kita bahkan bisa melakukan aktivitas ini di rumah. Sebut saja dengan membersihkan rumah. Yang penting, lakukan dalam jangka waktu tertentu, mengeluarkan energi, dan menggerakkan otot anda. Kelihatannya mungkin sederhana. Tapi manfaatnya bisa luar biasa.

Mari tingkatkan aktifitas fisik setiap hari….. Selamat Hari Aktifitas Fisik Sedunia…

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.