Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Berani Berhenti Merokok : Apapun Jenisnya

Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day) adalah sebuah gerakan global yang setiap tahunnya digencarkan oleh WHO (World  Health Organization) pada tanggal 31 Mei. Gerakan ini menyerukan para perokok agar “berpuasa” tidak merokok selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 adalah Commit To Quit  atau Berkomitmen untuk berhenti.  Berhenti dari ketergantungan tembakau bisa menjadi tantangan, terutama dengan tekanan sosial dan ekonomi tambahan yang datang sebagai akibat dari pandemi.


Seperti yang diketahui bahwa virus corona menyerang pernafasan, sehingga  kemungkinan besar perokok yang terkena Covid -19 lebih parah dibandingkan dengan yang bukan perokok.  Oleh karena itu peringatan HTTS di massa pandemic Covid sangatlah penting, sebagai momen untuk menyadarkan masyarakat mengenai bahaya merokok dan hubungan antara rokok dengan Covid-19.

Upaya promosi kesehatan harus terus ditingkatkan dan terus menerus digalakkan, hal ini dilakukan agar masyarakat bisa terbebas dari penyakit yang dapat membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.

Mari kita hidup sehat tanpa tembakau.  Mari berkomitmen untuk berhenti merokok : apapun jenisnya mulai dari dari diri sendiri.  Jadikan dunia ini sehat tanpa asap rokok.

Penulis : Reny Yuli Aspiani

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.