Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Cegah Demam Berdarah dengan 3M Plus

Hari Demam Berdarah diperingati setiap tanggal 22 April yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya dari penyakit demam berdarah dengue secara berkelanjutan. Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa.

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan dari gigitan nyamuk Aedes Aegepty.  Penyakit ini biasanya menyerang saat musim penghujan.  Musim penghujan yang lembab dan banyak genangan air menyebabkan perkembangbiakan nyamuk meningkat. Penyakit ini bisa terjadi pada anak-anak maupun dewasa.

Hingga saat ini vaksin demam berdarah belum ditemukan.  Karena itu, hal yang paling penting dalam memberantas DBD adalah dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB tetap menghimbau masyarakat untuk melakukan pencegahan DPD melalui 3M Plus, yaitu : Menutup, Menguras, Menyingkirkan atau Mendaur Ulang serta Plus seperti : menaburkan bubuk larvasida, menggunakan obat nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk dan lainya. (reny)

Selamat Hari Demam Berdarah, 22 April 2022. 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.