Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM.MARS., mendampingi ibu Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. menghadiri acara peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 di Kantor BKKBN  Provinsi NTB, Selasa (29/06/2022).

Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati tanggal 29 Juni setiap tahunya untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan Negara.  Keluarga diharapkan menjeadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi

Tema Harganas 2022 adalah “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting”. Harganas menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting, karena keluarga adalah tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh dan berdampak pada kegagalan pertumbuhan otak akibat kekurangan gizi. Tidak hanya masalah pada kognisi, anak dengan stunting bisa meningkatkan risiko hipertensi, perlemakan hati, juga obesitas.  Dampak jangka panjang stunting dapat menurunkan produktivitas nasional dan melebarkan ketimpangan social dan ekonomi bagi masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu keluarga terutama orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan anak dan bagaimna mendidik anak yang sehat, serta memantau tumbuh kembang anak agar dapat mengambil langkah untuk mencegah gagal tumbuh dan stunting.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengucapkan Selamat Hari Keluarga Nasional yang ke-29. Dengan adanya Harganas ini diharapkan menjadi momentum untuk mengajak masyarakat untuk mengentaskan stunting di seluruh wilayah Indonesia khususnya Provinsi NTB.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.