Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Hari AIDS Sedunia ”Akhiri Ketimpangan. Akhiri AIDS”

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan suatu kumpulan gejala dan infeksi sindrom yang muncul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem kekebalan tubuh ini melemah lantaran infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

AIDS termasuk dalam golongan penyakit mematikan. Hingga saat ini, belum ditemukan hasil uji klinis resmi dari otoritas berwenang mengenai obat atau vaksin yang dapat menyembuhkan AIDS.

Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day) diperingati setiap tanggal 1 Desember  dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar semakin waspada terhadap bahaya penyakit  HIV/AIDS. Peringatan ini dicetuskan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter pada Agustus 1987 dan kemudian 1 Desember 1988 ditetapkan sebagai Hari AIDS Sedunia.

Tema Hari AIDS tahun 2021 ini adalah “Akhiri Ketimpangan. Akhiri AIDS” yang bertujuan untuk menjangkau orang-orang yang masih kurang kesadaran diri terhadap bahayanya penyakit ini.

Dengan adanya peringatan Hari AIDS Sedunia ini diharapkan setiap orang dapat memiliki akses yang cukup untuk melakukan pencegahan bahkan pengobatan penyakit HIV AIDS.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.