Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Hari Buah Sedunia : Create Change Together

Hari Buah Sedunia (International Fruit Day) sudah diperingati sejak 2007 lalu yang bertempat di negara Jerman –tepatnya di Mauerpar, Prenzlauer Berg, Berlin.  Lokasi ini dulu dikenal sebagai tembok pemisah Jerman Barat dan Timur, yang kemudian dirobohkan tahun 1989.  Sekarang tempat ini menjadi taman publik yang sangat popular bagi anak-anak muda di Jerman.

Setiap tanggal 1 juli telah ditetapkan dalam sebuah keputusan bahwa akan diperingati Hari Buah Sedunia dengan mengusung slogan dan memilih “Fruit of The Year” yang berbeda setiap tahunnya.  Hari Buah sedunia tahun ini menetapkan semangka sebagai Fruit of the Year.

Seperti peringatan hari penting lainnya, tahun ini Hari Buah Sedunia mengusung tema “Create Change Together. (Ciptakan Perubahan Bersama).

Hari Buah Sedunia, selain mengingatkan pentingnya buah untuk kesehatan kita, juga untuk meningkatkan kesadaran orang-orang untuk berbagi buah kepada teman dan kerabat.

Buah sangat penting untuk kesehatan kita.  Buah itu kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan di dalam tubuh. Asupan vitamin dan mineral dari buah yang dikonsumsi akan membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Seperti vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk, bisa membentuk kolagen, sistem imun dan penyerapan zat besi.  Sedangkan Antioksidan dari buah yang dikonsumsi, akan membantu menangkal radikal bebas yang bisa menurunkan kondisi kesehatan. Sedangkan serat, bisa membantu memperlancar pencernaan dan memelihara kesehatan usus.

Menurut Depkes, konsumsi buah dan sayur yang harus dimakan adalah 300-400 g/orang/hari untuk remaja dan 400-600 g/orang/hari untuk dewasa.  Makan Buah juga termasuk ke dalam program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Dinas Kesehatan Provinsi Mengucapkan ”Selamat Hari Buah Sedunia” , Mari masukan buah ke dalam menu setiap hari.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.