Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Hari Diabetes Sedunia ”Access to Diabetes Care”

Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) diperingati setiap tanggal 14 November bertepatan dengan kelahiran Sir Federick Banting  yang merupakan penemu insulin.  Pencetusan Hari Diabetes Dunia pertama kali pada 1991 dilakukan oleh International Diabetes Federation (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagai tanggapan atas keprihatinan yang berkembang mengenai meningkatnya ancaman kesehatan akibat diabetes.

Tema Hari Diabetes Sedunia tahun 2021 adalah Access to Diabetes Care atau akses ke perawatan diabetes, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya diabetes bagi masyarakat global.

Dalam tema tersebut diharapkan bisa menjadi pengingat dan penyemangat untuk para penderita diabetes.  Selain itu juga akses perawatan menjadi lebih mudah, baik dalam ketersediaan obat-obatan maupun dalam perawatannya, terutama untuk penderita diabetes yang sudah memiliki komplikasi. Dengan mengharapkan para penderita diabetes mendapatkan dukungan yang berkelanjutan dalam menjaga kondisi mereka dan mencegah terjadinya komplikasi akibat diabetes.

Dalam memperingati Hari Diabetes Melitus Sedunia, Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan kepatuhan dan kedisiplinan pada penerapan protokol kesehatan serta menghimbau kepada masyarakat untuk merubah pola hidup dengan melakukan yang dikenal dengan istilah CERDIK, yaitu :

  • Check Kesehatan secara berkala.
  • Enyahkan Asap Rokok.
  • Rajin Aktivitas Fisik.
  • Diet seimbang.
  • Istirahat yang cukup.
  • Kelola Stress dengan baik

Editor : Reny Yuli Aspiani

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.