Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Hari Disabilitas Internasional

Penyandang Disabilitas adalah setiap individu yang mengalami keterbatasan fisik, mental, intelektual, dan sensorik dalam kurun waktu yang cukup lama dalam berinteraksi dengan lingkungan, hingga menggalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga lainya berdasarkan kesamaan hak.

Hari Disabilitas Internasional diperingati untuk menghilangkan stigma, memberi dukungan atas hak-hak untuk meningkatkan martabat, dan kesejahteraan yang diberikan kepada penyandang disabilitas.

Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember dan ditetapkan pertamakali pada tahun 1992 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupan penyandang disabilitas diseluruh dunia, serta menyadarkan masyarakat global terkait situasi yang dialami oleh para penyandang disabilitas dalam politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Tema Hari Disabilitas Internasional tahun 2021 ini adalah “Kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas menuju dunia pasca Covid-19 yang inklusif, mudah diakses dan berkelanjutan”

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengucapkan selamat memperingati hari Disabilitas Internasional.  Mari terus tingkatkan kesetaraan, kesempatan dan akesibilitas bagi penyandang disablitas. (reny)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.