Hari Ginjal Sedunia ”Kesehatan Ginjal Untuk Semua : Mempersiapkan Yang Tak Terduga, Mendukung Yang Rentan”

Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) diperingati setiap tanggal 9 Maret yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan ginjal, juga untuk mengurangi dampak penyakit ginjal serta penyakit lain yang berhubungan dengan ginjal.

Ginjal adalah bagian tubuh yang berperan penting untuk membuang sisa metabolism dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan melalui urine. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh,  oleh karena itu sangat penting untuk memiliki ginjal yang sehat agar tubuh dapat bekerja dengan baik.

Di Indonesia, Penyakit ginjal menjadi penyebab kematian ke-10 di Indonesia dengan jumlah kematian lebih dari 42 ribu pertahun. Itulah mengapa momen ini penting sehingga masyarakat lebih sadar untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit ginjal kronis.

Pada tahun 2023 ini, Hari Ginjal Sedunia mengusung tema ”Kidney Health for All : Preparing for Unexpected, supporting vulnerable”  yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk selalu Bersiap menghadapi segala bentuk kegawatdaruratan penyakit ginjal serta membantu mereka yang rentan.

Melalui peringatan Hari Ginjal Sedunia, mari tingkatkan kepedulian terhadap kesehatan ginjal , jaga Kesehatan ginjal dengan menerapkan 8 Golden Rules yaitu :

  1. Rutin aktivitas fisik
  2. Makan makanan sehat
  3. Rutin kontrol gula darah
  4. Kontrol tekanan darah
  5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
  6. Tidak merokok, dan
  7. Jangan konsumsi obat pereda nyeri terlalu sering
  8. Lakukan pemeriksaan ginjal secara rutin