Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Hari Malaria Sedunia ”Ciptakan Inovasi, Capai Eliminasi, Wujudkan Indonesia Bebas Malaria”

Hari Malaria Sedunia diperingati setiap tanggal 25 April.  Penetapan ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan upaya global untuk mengendalikan, hingga memberantas malaria.

Peringatan Hari Malaria Sedunia tahun ini mengusung tema ”Ciptakan Inovasi, Capai Eliminasi, Wujudkan Indonesia Bebas Malaria”.   Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen pemerintah daerah dan semua pemangku kepentingan, dan untuk mendukung peran aktif seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan Indonesia bebas malaria pada tahun 2030.

Malaria merupakan penyakit menular. Penyakit ini disebabkan parasit dari genus Plasmodium. Parasit ini masuk dalam golongan protozoa dan ditularkan melalui perantara gigitan nyamuk Anopheles betina.

Pada dasarnya, malaria merupakan penyakit yang dapat dicegah dan diobati. Namun demikian, dampak buruknya terhadap kesehatan dan mata pencaharian orang-orang di seluruh dunia menyebabkan perlu adanya penanganan serius terhadap penyakit ini.

Malaria adalah salah satu penyakit yang sampai saat ini masih banyak masyarakat di seluruh dunia yang terkena penyakit malaria. Malaria adalah penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan di beberapa wilayah di Indonesia, utamanya ada di kawasan Indonesia bagian timur. 

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia adalah membebaskan masyarakat dari malaria karena malaria merupakan salah satu penyakit menular yang berdampak kepada penurunan kualitas sumber daya manusia, dapat menimbulkan berbagai masalah sosial dan ekonomi bahkan berpengaruh terhadap ketahanan nasional. Oleh karena penyebaran malaria tidak mengenal batas wilayah administrasi, maka membebaskan masyarakat dari malaria (eliminasi malaria) memerlukan komitmen global, regional dan nasional.

Yuk cegah penularan penyakit malaria dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Membersihkan lingkungan sekitar dengan air mengalir
  • Menebar ikan pemakan jentik
  • Menutup penampungan air
  • Tidur memakai kelambu
  • Memasnag obat anti nyamu
  • Tidak menggantung pakaian bekas pakai
  • Hindari aktivitas malam dekat perairan

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.