Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Keluarga Keren Cegah Stunting

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ditetapkan pada tanggal 29 Juni setiap tahunnya dilatarbelakangi pemberian penghargaan kepada rakyat Indonesia yang telah berjuang merebut dan mempertahankan RI dengan meninggalkan keluarganya.dan kembali ke rumah masing-masing, berkumpul dengan keluarga pada tanggal 29 Juni 1945.

Selain peristiwa tersebut, tanggal 29 Juni juga bertepatan dengan momen dimulainya gerakan Keluarga Berencana (KB) Nasional atau Hari Kebangkitan Keluarga Indonesia untuk membangun keluarga ke arah keluarga kecil bahagia sejahtera melalui Program KB.

Kemudian untuk pertama kalinya Hari Keluarga secara nasional dicanangkan oleh Presiden Soeharto pada 29 Juni 1993 di Provinsi Lampung dan kemudian pada tanggal 15 September 2014 terbit Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014, dimana tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional.

Harganas dibentuk sebagai peringatan kepada masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga. Keluarga dianggap memiliki peran besar sebagai upaya memperkuat ketahanan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Tema Harganas 2021 adalah ”Keluarga Keren Cegah Stunting”, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam merawat gizi bayi dan mencegah stunting sehingga dapat menyiapkan generasi yang sehat di masa depan.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh dan berdampak pada kegagalan pertumbuhan otak akibat kekurangan gizi. Tidak hanya masalah pada kognisi, anak dengan stunting bisa meningkatkan risiko hipertensi, perlemakan hati, juga obesitas.  Dalam jangka panjang stunting dapat menurunkan produktivitas nasional dan melebarkan ketimpangan sosial dan ekonomi bagi masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu keluarga terutama orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan anak dan bagaimana mendidik anak yang sehat, serta memantau tumbuh kembang anak agar dapat mengambil langkah untuk mencegah gagal tumbuh dan stunting.

Generasi penerus bangsa akan lahir dari keluarga-keluarga kecil di setiap daerah di Indonesia. Karena itulah, mereka harus tumbuh dalam keadaan sehat, cerdas, kreatif, dan produktif.   Selain aspek jasmani, anak-anak juga harus dibekali dengan pendidikan yang berkualitas sebagai modal pembangunan bangsa.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB Mengucapkan Selamat Hari Keluarga Nasional yang ke-28.  Kesehatan keluarga adalah modal mendasar untuk membangun kesehatan bangsa.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.