KENALI CAMPAK DAN RUBELLA SEJAK DINI

Apakah Penyakit Campak dan Rubella?

Penting bagi kita semua untuk mengenal penyakit Campak dan Rubella sejak dini, sebagian besar masyarakat kita masih awan terhadap penyakit berbahaya ini sehingga diperlukan peran masyarakat serta instansi terkait untuk terus mensosialisasikan dampak dan resiko yang bisa di timbulkan bagi kesehatan masyarakat.  Campak dan Rubella tergolong penyakit berbahaya dan menular yang dapat menyebabkan kelumpuhan serta kematian,  penyebarannya sangat mudah melalui saluran pernafasan. Campak dan Rubella atau sering di kenal dengan Campak Jerman disebabkan oleh virus Rubella, pada umumnya akan menyerang anak-anak dan remaja. 

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti diare, radang paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk bahkan kematian. tercatat pada tahun 2000 lebih dari 12 juta anak di dunia meninggal akibat serangan penyakit ini. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, namun bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.  Kecacatan tersebut dapat berupa kelaianan pada jantung, kerusakan jaringan otak, katarak, ketulian atau keterlambatan pertumbuhan.

 

Seperti apa gejala Campak dan Rubella?

Gejala awal yang di timbulkan oleh penyakit Campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk, pilek dan mata merah, sementara gejala pada Rubella umumnya tidak spesifik bahkan bisa tanpa gejala, namun gejala umum dari Rubella biasanya berupa demam ringan, pusing, pilek, mata merah dan persendian mirip dengan gejala flu. apabila anda menemukan gejala-gejala tersebut bersegralah untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

Bagaimana mencegah penyakit Campak dan Rubella?

Penyakit Campak dan Rubella tidak dapat diobati jika sudah terjangkit, sampai saat ini belum ada metode pengobatan yang efektif untuk mengobati penyakit ini, namun Campak dan Rubella dapat dicegah sejak dini dengan pemberian Vaksin MR (Measles dan Rubella). Imunisasi atau pemberian Vaksin MR dapat dilakukan pada anak usia 9 bulan hingga di bawah 15 tahun. 

Apakah pemberian Vaksin MR aman?

Banyak kehawatiran dan perdebatan di kalangan masyarakat tentang keamanan penggunaan Vaksin MR untuk mencegah Campak dan Rubella, masih banyak yang menganggap bahwa bahan-bahan atau kandungan yang di gunakan dalam Vaksin MR tidak halal. Maka perlu untuk di ketawhui bahwa penggunaan Vaksin MR untuk mencegah Campak dan Rubella sepenuhnya aman dan telah mendapatkan rekomendasi dari WHO serta izin edar dari Badan POM, bahkan MUI telah menegaskan bahwa pengunaan Vaksin untuk mencegah penyakit yang dapat mengakibatkan kematian diperbolehkan,

 

 

Kampanye Imunisasi MR perlu di galangkan sebagai bentuk upaya pencegahan penularan penyakit Campak dan Rubella pada masyarakat khususnya yang masih awam.  Kampanye Imunisasi MR dilakukan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap penularan penyakit Campak dan Rubella yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian.

Kapan dan dimana kampanye Imunisasi MR di lakukan?

Kampanya Imunisasi MR dilakukan dalam dua fase, yaitu Fase Pertama dilakukan di Pulau Jawa pada tahun 2017, kemudian Fase kedua dilakukan di luar Pulau Jawa pada tahun 2018. untuk Pulau Nusa Tenggara Barat kampanye Imunisasi MR akan di laksanakan pada bulan Agustus hingga September 2018. 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook