Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Lansia Bahagia Bersama Keluarga

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap tanggal 29 Mei. Tujuan peringatan HLUN tersebut adalah untuk mengapresiasi semangat jiwa raga serta peran penting dan strategis penduduk lanjut usia di Indonesia.   

Tema kegiatan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-25 tahun 2021 adalah “Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga”. Maksud dari tema tersebut adalah bahwa keluarga merupakan lembaga terkecil yang menjadi tempat persemaian cinta kasih bagi setiap orang.

Sebagaimana disampaikan Kemensos, tema tersebut akan mendasari sub tema : 1. Bakti Anak kepada Orang Tua Membawa Kebahagiaan dan Kasih kepada Orang Tua Membawa Keberkahan.

Peringatan HLUN pada tahun 2021 kali ini memiliki nuansa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena sejak tahun 2020 yang lalu dunia termasuk Indonesia berada pada posisi sebagai negara yang terkena pandemi Corona Virus Deases (Covid19).

Keluarga berperan penting dalam memberikan pemahaman dan kondisi saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun. Ajak lansia untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti merawat/menanam bunga, tetap mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup minimal 6-8 jam sehari.

Ada beberapa hal yang perlu dihindari diataranya adalah :

  1. Tempat keramaian, perkumpulan atau kegiatan sosial seperti arisan,reuni, berbelanja dll.
  2. Anggota keluarga/kerabat/siapapun yang memiliki aktivitas dan berisiko terpapar COVID-19 sebisa mungkin hindari mendekati Lansia.

Mari kita jaga agar Lansia terhindar dari COVID-19, karena kelompok lanjut usia menjadi kelompok yang berisiko mengalami efek fatal jika terinfeksi virus corona jenis baru penyebab Covid-19.

Penulis : Reny Yuli Aspiani

Referensi :

http://promkes.kemkes.go.id

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.