Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Mari Wujudkan Indonesia Bebas Dengue Dengan 3M Plus

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus melalui gigitan kepada manusia terjadi di daerah tropis dan subtropis,

Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN (ASEAN Dengue Day ) diperingati setiap tanggal 15 Juni setiap tahunnya sejak tahun 2011, dengan tujuan untuk meningkatkan komitmen nasional dan antar-anggota ASEAN pada upaya pengendalian demam berdarah. Baik pencegahan, penanggulangan, hingga tata laksana. Sehingga angka kejadian dan kematian akibat DBD dapat ditekan.

Sampai saat ini obat untuk membunuh virus Dengue belum ditemukan dan vaksin untuk mencegah DBD masih dalam tahap uji coba, oleh karena itu cara yang dapat dilakukan sampai saat ini adalah dengan memberantas nyamuk penular (vektor). Pemberantasan vektor ini dapat dilakukan pada saat masih berupa jentik atau nyamuk dewasa.

Selamat Hari Demam Berdarah ASEAN, 15 Juni 2022.   Mari wujudkan Indonesia bebas Dengue dengan 3M (Menguras, Menutup, Mengubur dan memanfaatkan kembali barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah).

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.