Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Mengenal Aplikasi Online Dalam Pembelajaran Daring

Oleh : Nani Fitriani, S.Pd, MPH (Widyaiswara Bapelkes Provinsi NTB)

Apa Itu Pembelajaran Daring?

Pembelajaran yang dilakukan menggunakan teknologi dan jaringan internet dengan pembelajaran dalam jaringan (daring). Pembelajaran dalam jaringan (daring) sering disamakan dengan pembelajaran online learning atau e-learning. Pembelajaran daring pertama kali dimulai pada tahun 1960 di Universitas Illionis Urbana-Champaign oleh Profesor Don Bitzer dengan menggunakan Sistem Instruksi Berbasis Komputer (Computer Assisted Instruction) yang dijalankan di computer PLATO (Logika Terprogram untuk Operasi Pengajaran Otomatis). Di Indonesia pembelajaran daring telah berkembang dari tahun 1980-an dan saat ini perkembangannya semakin pesat.

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang berbasis teknologi yang menggunakan aplikasi layanan berupa media online yang memang dirancang dan dibuat untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran di dunia Pendidikan. Pelaksanaan  pembelajaran  daring  atau  E-Learning  berbeda dengan pembelajaran klasikal atau kelas. Dikutip dari tulisan Dr. Cepi Riyana, M.Pd ada beberapa kompetensi yang dibutuhkan oleh seorang   fasilitator   dalam   memfasilitasi   pembelajaran   daring. Pertama menguasai dan update terhadap perkembangan internet, kedua lebih menguasai ilmu pengetahuan pokok dan pendamping, ketiga kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi, keempat mampu  memotivasi  peserta  pembelajaran.  Berikutnya kemampuan dalam desain pembelajaran online, kemampuan mengelola sistem pembelajaran online dan ketepatan dalam pemilihan bahan ajar online learning serta yang terakhir kemampuan dalam mengontrol proses pembelajaran.

Apa Saja Tools (Alat) dalam Pembelajaran Daring?

Dalam pelaksanaan pembelajaran daring dibutuhkan beberapa tools (alat) yaitu penggunaan video conference, pemanfaatan aplikasi-aplikasi penunjang metode pembelajaran yang bisa diakses secara gratis untuk peningkatan ketercapaian hasil belajar serta membangun suasana pembelajaran yang interaktif.

Dalam pelaksanaan pembelajaran daring ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pelaksanaan pembelajaran daring dan ketika pembelajaran daring. Sebelum melakukan pembelajaran daring pastikan hal berikut ini: kestabilan internet menyiapkan cadangan tethering dari HP jika diperlukan, memastikan perangkat headset berfungsi dengan baik, ketenangan suasana sekitar dan meminta pengertian di sekitarnya.

Dalam pelaksanaan pembelajaran daring pengajar perlu menggunakan berbagai tools pembelajaran yang bervariatif karena mengaktifkan peserta untuk mengikuti materi selama pembelajaran daring tidak semudah saat pembelajaran tatap muka. Keberadaan pengajar dan peserta pada tempat yang berbeda menjadi kendala tersendiri, maka tentunya perlu memanfaatkan berbagai media yang digunakan untuk memastikan peserta terlibat aktif dalam pembelajaran.

Apa Saja Aplikasi yang dapat Dgunakan Dalam pembelajaran Daring?

Berikut akan disampaikan beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan pada saat pembelajaran secara daring yang terbagi dalam berbagai metode pembelajaran seperti ceramah, curah pendapat, diskusi, evaluasi, dan permainan (game).

  1. Platform pembelajaran daring untuk metode ceramah

Implementasi metode ceramah pada pelaksanaan pembelajaran daring dapat memanfaatkan beberapa platform, contohnya :

  • Video conference

Ceramah melalui aplikasi video conference merupakan  jenis  pembelajaran  daring  pola  online synchronous. Dimana pada pelaksanaanya pengajar atau fasilitator bertemu secara virtual pada waktu yang bersamaan melalui aplikasi video conference.

  • Youtube

Alternatif lain implementasi metode ceramah pada pembelajaran daring adalah dapat dikemas dalam video pembelajaran. Video pembelajaran sendiri dapat dibedakan lagi menjadi 2 (dua) yaitu video pembelajaran yang disiarkan secara langsung (online synchronous) dan video pembelajaran yang dipersiapkan (direkam dan di upload) sebelum jadwal pembelajaran dan dapat diakses secara mandiri oleh peserta kapanpun dirasakan perlu untuk mempelajari informasi yang terdapat pada video ceramah tersebut (online asynchronous).

2. Aplikasi online pembelajaran daring untuk metode curah pendapat (brainstorming)

Terdapat beberapa contoh aplikasi online yang dapat mendukung metode  brainstorming  selama  tatap  muka  virtual  melalui video conference, diantaranya

  • Jamboard

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan pengajar untuk melakukan    brainstorming    virtual    secara    interaktif    dan kolaboratif adalah Google Jamboard. Google Jamboard merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Google berupa papan tulis digital. Layaknya sebuah papan tulis konvensional, Jamboard tidak hanya dapat digunakan untuk brainstorming tetapi juga dapat digunakan sebagai media dalam menjelaskan materi dengan menambahkan gambar dan informasi lainnya, membuat sketsa ide serta memecahkan suatu masalah secara kolaboratif.

  • Ideaboard

Aplikasi lainnya yang dapat berfungsi sebagai papan tulis digital adalah Ideaboardz. Ideaboardz    membuka kesempatan interaksi  dan  kolaborasi  antara  pengajar  dengan  peserta, maupun antara sesama peserta dalam menggali dan mengembangkan ide serta menyelesaikan suatu persoalan. Yang membedakannya dengan Google Jamboard adalah pada Ideaboardz tidak dapat membuat sketsa gambar dan menambahkan gambar, hanya teks saja.

3. Aplikasi online pembelajaran daring untuk metode diskusi

Metode diskusi adalah salah satu metode dalam pembelajaran yang melibatkan peserta untuk aktif dengan cara saling bertukar pendapat dalam menyelesaikan suatu tugas atau kasus yang diberikan oleh fasilitator. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring fasilitator dapat menggunakan aplikasi online untuk memfasilitasi peserta   melakukan   diskusi   dalam   melakukan   pembelajaran. Beberapa contoh aplikasi online untuk metode diskusi :

  • Google slide

Google slide merupakan aplikasi presentasi online yang disediakan secara gratis oleh Google. Aplikasi ini dapat diakses secara bersamaan oleh beberapa orang untuk mengerjakan tugas atau project tim secara cepat dan instant dimanapun dan kapanpun. Google  slide  bisa diakses melalui perangkat PC, komputer, laptop, smartphone dan tablet. Google slide yang diakses dari smartphone atau tablet membutuhkan penginstalan aplikasi dari playstore.    Hal yang perlu diperhatikan saat mengakses google slide adalah fasilitator dan peserta memiliki akun gmail.

  • Padlet

Padlet adalah aplikasi daring gratis yang dapat diilustrasikan sebagai papan tulis digital. Padlet dapat dimanfaatkan oleh fasilitator ataupun peserta sebagai media untuk melakukan metode diskusi dalam pembelajaran daring. Padlet dapat diakses melalui PC, laptop, tablet ataupun smartphone. Untuk mengakses padlet tidak perlu mengunduh atau memasang aplikasi, cukup diakses langsung dari web. Apa saja yang dapat dilakukan dengan pedlet? Pedlet dapat mengetik, merekam suara, menambahkan hyperlink, menambahkan foto dan menambahkan dokumen dengan waktu bersamaan oleh beberapa orang pengguna. Padlet juga dapat dishare sebagai penugasan kepada peserta untuk media melakukan diskusi. Hampir sama dengan google slide padlet juga dapat dikerjakan secara bersama-sama dalam waktu yang sama.

4. Aplikasi online untuk metode evaluasi dan game (permainan)

Metode evaluasi digunakan untuk mengukur pencapaian dari pembelajaran yang telah dilakukan, mengetahui tingkat penguasaan kompetensi yang telah ditetapkan, mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi selama proses pembelajaran dan untuk memberikan umpan balik terhadap pembelajaran guna memperbaiki kekurangan demi peningkatan kualitas pembelajaran. Evaluasi   dapat   dilakukan   dengan   secara   langsung   maupun menggunakan  aplikasi.  Banyak aplikasi online gratis yang dapat dimanfaatkan untuk metode evaluasi pembelajaran diantaranya quizizz, kahoot,  mentimeter, dll Pembelajaran menjadi menarik dan berkesan jika disampaikan dengan metode yang bervariasi. Metode games merupakan bentuk dari metode yang menggabungkan evaluasi pembelajaran dan permainan menjadi menarik dan menyenangkan bagi peserta yang mengikuti pembelajaran.

Metode games yang digunakan untuk aplikasi pembelajaran daring adalah aplikasi Wordwall. Wordwall merupakan aplikasi interaktif yang dapat digunakan secara free dan menyediakan 13 (tiga belas) template untuk evaluasi dan permainan yang menyenangkan. Masih banyak aplikasi online lainnya yang tersedia baik secara gratis maupun berbayar yang ditawarkan saat ini. Sebagai fasilitator inilah saat yang tepat untuk menerapkan aplikasi online secara bijaksana dan tepat dalam setiap pembelajaran daring.

Selamat mencoba

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.