Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

MONITORING DAN EVALUASI KEPALA DINAS KESEHATAN PROVINSI NTB TERHADAP PROGRAM GENERASI EMAS NTB

Generasi  Emas NTB (GEN) adalah generasi yang dipersiapkan dengan terencana agar terbentuk manusia NTB yang bertaqwa, cerdas, sehat dan produktif di tahun 2025, artinya cerdas secra intelektual dan spiritual, sehat bergizi baik dan panjang umur serta produktif secara social dan ekonomis. Sesuai amanat RPJMD Provinsi NTB 2013-2018, program Generasi Emas NTB (GEN) merupakan upaya strategis untuk meningkatkan sumber daya manusia di NTB melalui penguatan program pemberdayaan keluaraga melalui perbaikan pola asuh anak dalam keluarga (Parenting) dan pengutan institusi pelayanan dasar melalui PAUD HI.

Generasi Emas NTB saat ini menjadi cermin kondisi NTB pada masa yang akan datang, oleh karena itu dibutuhkan kerjasama lintas sektor untuk mewujudkan generasi yang lebih baik dan berkualitas.  Dibutuhkan generasi yang mampu membawa NTB keluar dari ketertingalan , baik ketertinggalan dari segi ekonomi, pendidikan, teknologi dan kesehatan. Pembentukan generasi masa depan yang kuat, cerdas, kreatif dan produktif atau sekarang ini biasa disebut Generasi Emas bukan menjadi tugas yang mudah untuk diwujudkan, bukan juga hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja namun mewujudkan Generasi Emas tersebut menjadi tanggung jawab kita bersama khususnya tingkat keluarga masyarakat NTB.

Pada hari Selasa, 13 maret 2018 Plt. Kepala Dina Kesehatan Provinsi NTB bersama Staf Seksi Gizi, Staf Kesga, Staf Program dan Staf Sekretariat GEN melakukan monitoring dan evaluasi Program GEN ke Kantor Desa Dasan Baru Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Pada kunjungan ini, Plt. Kepala Dina Kesehatan Provinsi NTB dan Tim disambut oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa Dasan Baru. Melalui kunjungan ini, diharapkan agar pemerintah desa memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan program GEN di Desa Dasan Baru karena program GEN merupakan program unggulan daerah.

Untuk mewujudkan mimpi besar GEN ini, perlu dilakukan sosialisasi terkait program GEN kepada masyarakat melalui kegiatan posyandu dan kegiatan lain dimana banyak masyarakat desa setempat berkumpul. Hal ini ditujukan agar masyarakat juga paham dengan program GEN dan mendukung program GEN ini melalui berbagai kegiatan GEN yang dilaksanakan di desa, posyandu maupun PAUD-KB.

Pihak desa menyampaikan bahwa siap mendukung pelaksanaan program GEN di wilayahnya. Desa Dasan Baru merupakan salah satu dari 122 desa yang telah Deklarasi ODF di Kabupaten Lombok Barat, hal ini menjadi bukti bahwa desa memiliki komitmen untuk mendukung program kesehatan di wilayah. Lebih jauh lagi, Kepala Desa Dasan Baru berharap desanya bisa menjadi salah satu desa yang bebas stanting melalui integrasi antara petugas kesehatan, Koordinator GEN dan Pemerintah Desa.

    

Kegiatan Monev GEN di Kabupaten Kediri Lombok Barat

 

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.