Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pekan Imunisasi Dunia (PID) Tahun 2017

Imunisasi dikenal sebagai salah satu intervensi kesehatan yang paling sukses dan efektif dari segi biaya. Imunisasi merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan jutaan jiwa dengan cara vaksinasi. Untuk mendukung penggunaan vaksin dalam imunisasi, World Health Organization (WHO) menetapkan bahwa setiap minggu terakhir bulan April sebagai hari Pekan Imunisasi Dunia (PID). Untuk tahun 2017 diadakan pada tanggal 24 – 30 April 2017.

Tahun 2017 menandai titik tengah dari Global Vaccine Action Plan (GVAP) yang dilakukan 194 negara anggota World Health Assembly yang dimulai tahun 2012. Tujuan program ini adalah untuk mencegah jutaan kematian dari penyakit yang bisa dicegah dengan menggunakan vaksin pada tahun 2020.

Tema global PID tahun ini yang merupakan tahun ke-5 dari PID adalah “manfaat vaksin (#Vaccine Work)”, dengan tema nasional “Imunisasi Bisa! Jadikan Anak Indonesia Sehat dan Bahagia”. Tujuan penyelenggaraan PID tahun 2017 adalah meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa imunisasi lengkap dapat memberikan perlindungan seumur hidup kepada anak-anak. Melalui pendekatan keluarga, imunisasi akan menjadi upaya penting dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals 2030.

Melalui momen PID tahun ini, Menteri Kesehatan melalui Surat Edarannya Nomor : SR.02.01/Menkes/149/2017 tanggal 11 April 2017 menghimbau agar seluruh provinsi beserta kabupaten/kota melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam rangka PID tahun 2017 yakni  dengan melakukan upaya pendekatan keluarga dalam meningkatkan kesadaran para orangtua dan masyarakat untuk melengkapi status imunisasi anaknya; sosialisasi mengenai imunisasi kepada sector terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat luas dalam rangka menyikapi isu-isu yang tidak benar mengenai imunisasi yang berkembang di masyarakat; identifikasi permasalahan program imunisasi serta menentukan dan melaksanakan tindak lanjut untuk mengatasinya bersama-sama dengan pemerintah setempat dan sector terkait; memperkuat kemitraan antara sector pemerintah dan swasta (public-private partnership) dalam rangka peningkatan cakupan dan kualitas pelayanan imunisasi; serta memperkuat dukungan pemerintah daerah, DPRD, partai politik, organisasi keagamaan maupun organisasi kemasyarakatan dalam mencapai cakupan imunisasi yang tinggi dan merata di setiap wilayah.

Menindaklanjuti surat edaran Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi NTB menyampaikan surat edaran tersebut beserta panduan pelaksanaan PID Tahun 2017 ke seluruh kabupaten/kota, melakukan pemasangan spanduk dan ikut serta dalam pelayanan imunisasi di kabupaten/kota.

Mengingat betapa efisien dan efektifnya vaksinasi terhadap kesehatan terutama bagi kelompok beresiko atau rentan, Pekan Imunisasi Dunia (PID) Tahun 2017 ini dapat dimanfaatkan untuk menyadarkan tentang potensi kerja vaksin yang luar biasa, sehingga diharapkan eradikasi penyakit dapat tercapai dan dipertahankan. Jaga Generasi Masa Depan dari penyakit dengan Imunisasi..