Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Peran PMI di Massa Pandemi Covid-19

Hari Palang Merah Internasional, ditetapkan pada tanggal 8 Mei sejak tahun 1948, diperingati sedunia sebagai penghargaan atas jasa penemu Gerakan Palang Merah Dunia. 8 Mei merupakan hari lahir Jean Henry Dunant yang merupakan aktivis social asal Swiss dan merupakan inspirasi terbentuknya Komite Internasional Palang Merah (ICRC) pada tahun 1863.

Di Indonesia Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI selalu mempunyai tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.

Palang Merah Indonesia memang selalu identik dengan kegiatan donor darah. Namun perlu diketahui bahwa Palang Merah juga berpartisipasi dalam penanganan bencana. Ketika suatu daerah terkena bencana alam, Palang Merah akan siap sedia membantu. Bantuan yang diberikan pun beragam, dari obat-obatan hingga bantuan lainnya.

Pada masa pandemic Covid-19 ini, PMI akan berusaha membantu dengan segala sumber daya yang ada.  Bekerja sama dengan berbagai orang agar penanganan bencana berjalan dengan baik. Pertolongan yang diberikan tentunya sangat bermanfaat bagi banyak orang. Meski harus mengorbankan nyawa sekalipun, mereka akan terus maju atas nama kemanusiaan. Selamat Hari Palang Merah Sedunia dan mari kita bergandengan tangan untuk membuat lingkungan sekitar kita menjadi lebih sehat dan bahagia ditengah Pandemi COVID-19 ini.

Penulis : Reny Yuli Aspiani

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.