PERTEMUAN KOORDINASI SAKA BAKTI HUSADA (SBH) DAN TINGKAT PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT PERIODE 2020-2024

Seiring dengan munculnya berbagai permasalahan kesehatan masyarakat ditanah air kita, seperti angka kematian bayi dan kematian ibu serta masih ditemukannya masalah gizi buruk dibeberapa daerah tertentu, muncul lagi penyakit lama seperti diare, malaria, DBD, Tubercolosis, dll. Demikian juga makin mengganasnya penyakit pandemi seperti HIV/AIDS, SARS, Avian Influenza dan COVID 19, hal ini menyadarkan kita tentang perlunya peningkatan upaya kesehatan masyarkat diseluruh penjuru Nusntara.

Saka Bhakti Husada merupakan Suatu wadah yang sangat strategis dalam Mengembangkan Pengetahuan, Pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan kepada generasi muda untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan sehingga masalah masalah kesehatan diatas dapat dilakukan upaya-upaya pencegahannya.

Adapun tujuan dibentuknya Saka Bhakti Husada (SBH) adalah untuk mewujudkan kader pembangunan dibidang kesehatan, yang nantinya dapat membantu mengembangkan norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan Pramuka dan masyarakat dilingkungannya. Memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dibidang kesehatan sehingga dapat menjadi contoh hidup bersih dan sehat bagi masyarakat dilingkungannya dan memiliki sikap dan perilaku yang mantap.

Kegiatan kesakaan dilaksanakan di Gugus Depan dan Satuan Karya Pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani serta rohani peserta didik, untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, persatuan dan kesatuan serta sebagai wadah pengembangan pengetahuan, penambahan pengalaman, dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan bagi Penegak Pandega, sehingga terwujudnya kader pembangunan dibidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat dilingkungannya dan memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma. Maka perlu penguatan kelembagaan dari tingkat nasional sampai ke tingkat daerah

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook