Hari Kanker Tulang

Hari Kanker Tulang dirayakan setiap tanggal 11 April, Peringatan ini sebagai bentuk kesadaran masyarakat terhadap penyakit mematikan ini. Serta meningkatkan perhatian untuk mencegah, deteksi dini dan pengobatan kanker tulang.

Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang jarang terjadi (hanya 5 % dari total kasus kanker yang ada di dunia), namun ganasnya kanker tulang berpotensi meyumbang daftar kematian masyarakat Indonesia akibat penyakit kanker. Menurut data Riskesdas 2018, prevalensi tumor atau kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan dari 1,4 per seribu penduduk di 2013 menjadi 1,79 per seribu penduduk di 2018. Maka dari itu jika tidak segera ditangani dengan saksama maka bisa berakibat fatal.

Kanker tulang dapat dialami oleh anak-anak maupun dewasa, terjadi akibat adanya pertumbuhan sel tulang yang abnormal. Kanker tulang dapat terjadi pada bagian tulang manapun pada tubuh manusia, namun paling sering terjadi pada tulang panjang, seperti tulang tangan dan kaki

Sampai saat ini belum jelas apa penyebab dari kanker tulang. Namun ada beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan kanker tulang antara lain adanya kelainan genetik, penyakit Paget yaitu penyakit yang membuat kondisi tulang menjadi lemah, senyawa kimia dan paparan radiasi dan riwayat pengobatan radioterapi.

Gejala umum kanker tulang antara lain :

  1. Nyeri pada tulang
  2. Pembengkakan pada bagian tulang yang sakit
  3. Fatique atau rasa lelah yang berkepanjangan
  4. Berat badan menurun
  5. Tulang terasa lemas

Apabila anda ataupun keluarga merasakan gejala seperti diatas segera komsultasikan ke dokter.  Deteksi dini dapat mencegah beratnya penyakit.

Selamat Hari Kanker Tulang

Yuk tetap jaga kesehatan dengan pola hidup sehat.

Penulis : Reny Yuli Aspiani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *