Senam Peregangan Indonesia Bakal Jadi Gaya Hidup Sehat Asean

Brunei Darussalam, 6 September 2017

Dalam Pertemuan Menteri Kesehatan ASEAN, pada tanggal 6 September 2017 di Bandar Seri Begawan, Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Farid Moeloek, Sp.M(K), berhasil mengajak seluruh Menteri Kesehatan ASEAN dan Delegasi melakukan Senam Peragangan Indonesia dengan menggunakan video panduan Kementerian Kesehatan. Dalam pengantarnya, Menteri Kesehatan RI menekankan pentingnya melakukan aktivitas fisik sebagai upaya menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini sesuai dengan tema Pertemuan Menteri Kesehatan ASEAN ke-13 yaitu ”Bersama Menuju Masyarakat Sehat ASEAN”, yang diantaranya adalah membangun budaya hidup sehat di seluruh kawasan ASEAN.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, dr. Untung Suseno Sutarjo, MKes, juga berhasil mengajak Delegasi Pertemuan Pejabat Tinggi Persiapan Pertemuan Kesehatan ASEAN ke-13 tanggal 3 September 2017 lalu.

Inisiasi delegasi Indonesia untuk melaksanakan aktivitas peregangan di sela-sela persidangan ini, bahkan sampai 3 kali dipraktikkan, sangat diapresiasi oleh seluruh delegasi negara anggota ASEAN. Tidak kurang dari Menkes Brunei Darussalam, Myanmar, Singapura dan juga Deputi Sekjen ASEAN menyampaikan apresiasi langsung kepada Menteri Kesehatan RI.

Para Menteri Kesehatan tersebut bahkan menyatakan akan menerapkan aktivitas tersebut di negara masing-masing, sebagai upaya meningkatkan gaya hidup sehat. ”Aktifitas fisik seperti Senam Peregangan Indonesia ini akan mengganti obat, karenanya kami akan memgembangkannya sebagai proyek percontohan di sekolah” ujar Menteri Kesehatan Myanmar, Dr. Myint Htwe. Sementara itu Menteri Kesehatan Singapura, Mr. Gan Kim Yong, menyampaikan bahwa ”Singapura akan mencontoh praktik yang bagus ini. Gerakannya sederhana jadi akan mudah diingat, namun dampaknya besar dalam membangun gaya hidup sehat”.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id.

Sumber : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Mungkin Anda Menyukai

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook