Agustus Bulan Vitamin A, Kader Posyandu Siap Sweeping Sasaran Ke Rumah-rumah

Untuk sasaran pemberian Vitamin A kepada bayi, balita dan ibu nifas yang tidak datang pada saat dilaksanakan posyandu, kader posyandu diharapkan melakukan sweeping ke rumah-rumah sasaran. Sehingga melalui kiat ini, capaian program vitamin A bisa maksimal, meski di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Hal ini diingatkan kembali oleh Tim Seksi Gizi Masyarakat Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi NTB saat melakukan Supervisi Pembinaan Teknis (Bintek) Program Gizi di Dikes Kabupaten Sumbawa Barat, Puskesmas Brang Rea dan Posyandu Lamuntet A, pada Jumat (24 Juli 2020).

Diketahui, Bulan Agustus adalah Bulan Vitamin A, dimana vitamin A akan diberikan kepada bayi, balita dan ibu nifas secara serentak pada bulan Agustus nanti. Untuk bayi diberikan kapsul biru vitamin A pada bulan Februari atau Agustus dengan dosis 100.000 IU, untuk balita kapsul merah vitamin A setiap bulan Februari dan Agustus dengan dosis 200.000 IU dan ibu nifas dua kapsul merah dalam dua kali pemberian, yakni 1 kapsul merah setelah melahirkan dan 1 kapsul lagi setelah 24 jam pasca melahirkan.

Adapun tujuan dari program pemberian vitamin A tersebut adalah untuk mencegah kekurangan vitamin A dan meningkatkan daya tahan tubuh sasaran, yakni bayi, balita dan ibu nifas. Program ini juga akan sangat dirasakan manfaatnya terlebih dimasa pandemi Covid-19 saat ini, mengingat daya tahan tubuh yang kuat dapat menghalau virus dan juga penyakit lainnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook