Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Aksi Bergizi NTB, Wujudkan Remaja Gemilang : Cerdas, Ceria, Bebas Anemia

Sebanyak 500 pelajar dari 8 SMA di Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram berkumpul di Lapangan Bumi Gora untuk mengikuti Kegiatan Aksi Bergizi. Kegiatan Aksi Bergizi ini juga dilakukan secara daring oleh 61 sekolah di Provinsi NTB. Kegiatan ini diawali oleh kegiatan aktivitas fisik, cuci tangan pakai sabun, sarapan, dan minum obat tablet tambah darah (TTD) bersama secara serentak pada Hari Jumat (12/8). Kegiatan Aksi Bergizi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang gizi remaja dan pencegahan anemia dari hulu pada remaja.

Kegiatan Aksi Bergizi merupakan rangkaian kegiatan HUT RI ke 77, dihadiri sekitar 1700 pelajar dan kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah. Wakil Gubernur bersama tim Dinas Kesehatan Provinsi NTB memberikan motivasi sekaligus mengedukasi semua pelajar yang hadir secara luring maupun daring untuk menjadi “Remaja Gemilang,”  yang cerdas, ceria, dan bebas anemia, dengan menyampaikan pesan aksi bergizi di NTB yang meliputi menjaga asupan gizi, termasuk tidak meninggalkan pentingnya sarapan. Sarapan pun tentunya harus dengan makanan yang mengandung gizi seimbang. Ibu Wagub NTB juga mengukuhkan 80 Duta Kesehatan Sekolah yang secara simbolis diwakili oleh 3 orang Duta Kesehatan Sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB , dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM.MARS, menyampaikan bahwa Aksi Bergizi ini diintegrasikan dengan model sekolah sehat dengan harapan kegiatan Aksi Bergizi ini dapat diimplementasikan secara kontinyu di sekolah. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Kepala Kanwil Kementerian Agama NTB, dan Asisten 1 Setda NTB.

05