Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Bersama Lansia, Keluarga Bahagia

Proses penuaan tentu akan mempengaruhi setiap orang secara fisik dan mental. Proses penuaan tidak bisa dilawan, tetapi perlu diingat bahwa banyak upaya yang bisa dilakukan untuk menjalani usia senja dengan sehat, tetap aktif, kuat dan tangguh. Oleh karena itu, seiring dengan bertambahnya usia, sangatlah penting untuk terus mempraktikkan kebiasaan hidup sehat agar kualitas hidup lansia menjadi jauh lebih baik. Kualitas hidup lansia yang lebih baik akan mengurangi kemungkinan munculnya berbagai hambatan kognitif dan penurunan fisik yang terlalu ekstrem, tidak mudah terkena penyakit berat, dan bahkan membantu mengurangi stres.

Menyambut Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 25 Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 29 Mei, pemerintah mengajak seluruh keluarga untuk mengawal, mendampingi dan merawat lansia agar mereka tetap sehat, aktif, kuat dan tangguh sehingga keluargapun bahagia, sehingga tema HLUN tahun 2021 ini adalah Bersama Lansia, Keluarga Bersama.


Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei adalah hari dimana negara Republik Indonesia ingin mengapresiasi berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan, dan memajukan bangsa.


Peringatan HLUN pada tahun 2021 kali ini memiliki nuansa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena sejak tahun 2020 yang lalu dunia termasuk Indonesia berada pada posisi sebagai negara yang terkena pandemi Corona Virus Deases (Covid 19). Namun, semangat untuk menjaga kebahagiaan lanjut usia di seluruh Indonesia akan tetap berapi-api.


Upaya menuju lansia yang sehat, tangguh dan berkualitas harus dilakukan sedini mungkin di dalam keluarga. Keluarga diharapkan mampu mempersiapkan seluruh anggota keluarganya agar mampu melalui semua fase kehidupan dengan sehat agar ketika menjadi lansia tetap sehat, aktif dan berdaya. Keluarga juga harus dapat mendampingi, mendukung dan merawat lansia dengan penuh kasih sayang, sehingga lansia memiliki kualitas hidup optimal, bahagia dan bermartabat bersama keluarga hingga akhir hayatnya.


Di tengah situasi pandemi virus corona seperti saat ini, peringatan Hari Lansia menjadi momen untuk kembali menyadari pentingnya melindungi para orang tua dari infeksi virus corona. Dalam rangka menyadarkan pentingnya melindungi lansia pada masa pandemi ini, berbagai kegiatan dilakukan oleh pegiat kesehatan di Kabupaten/Kota di NTB antara laian melakukan percepatan dan memberikan prioritas vaksinasi pada kelompok lansia sesuai dengan kriteria layak vaksin dalam upaya perlindungan terhadap kelompok rentan dan mendukung pencapaian herd immunity, dengan melibatkan berbagai pihak.

Upaya lain yang dilakukan adalah dengan melakukan kampanye/sosialisasi/penyuluhan dan penyebarluasan pesan-pesan kesehatan lansia di berbagai media dan menjadikan Posyandu Keluarga sebagai wadah baru yang memberikan nuansa berbeda bagi lansia untuk berintekasi secara terpadu dengan anak-cucunya.


Selamat Hari Lanjut Usia Nasional ke-25. Bersama Lansia, Keluarga Bahagia

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.