Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Bersinergi Menuju NTB Bebas Pasung

Tingkat gangguan jiwa masyarakat Bima menempati posisi tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Banyak warga yang dipasung oleh keluarganya karena gangguan jiwa yang mereka alami.

Tindakan Pasung dilakukan dengan berbagai alasan baik oleh masyarakat atapun pihak keluarga. ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) kerap kali dianggap meresahkan bagi sebagian besar masyarakat, terutama masyarakat pedesaan. hal ini lah yang mendorang pihak keluarga atapun masyarakat memilih jalan pasung terhadap ODGJ.

Tindakan pasung bukanlah solusi yang baik bagi pasien ODJG, karena tindakan pasung akan berpotensi memperparah kondisi kesehatan penderita ODGJ baik secara fisik maupun mental, oleh karena itu tindakan pasung harus kita hentikan praktiknya.

Seperti yang terjadi pada salah satu warga di Kabupaten Dompu, karena mengalami ODGJ, pasien tersebut di pasung oleh keluarganya. dan kasus ini akhirnya dilaporkan oleh masyarakat setempat melalui NTB Care.

Mengetahui hal tersebut NTB Care bersama-sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dinas Sosial Provinsi NTB dan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu bergerak cepat kelokasi, guna melakukan mediasi dengan pihak keluarga agar penderita ODGJ tersebut dapat segera mendapatkan tindakan medis.

Dengan tindakan gerak cepat dari NTB Care dan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu dan Dinas Sosial Kabupaten Dompu akhirnya membuahkan hasil. Pasien akan segera dibawa ke Rumah Sakit Jiwa untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Adanya kasus pasung membuktikan bahwa masyarakat kita tidak memahami sepenuhnya kasus-kasus ODGJ yang terjadi disekitar mereka. perlu sinergi semua pihak baik Pemerintah Daerah, Pemerintah Kabupaten, Instansi terkait hiingga masyarakat untuk dapat memberikan edukasi, sehingga kita harapkan kasus pasung tidak lagi terjadi.

#NTBGemilang #NTBSehatdanCerdas #NTBBebasPasung

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *