Bimtek Program Promosi Kesehatan di Kab. Lombok Utara.

Tim Bimtek Program Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTB ke Kab. Lombok Utara (KLU) di terima langsung Kepala Dinas Kesehatan KLU dr. H. Lalu Bahrudin di ruang kerjanya pada hari Rabu (29/1/2020) lalu.

Mengawali pertemuan singkat tersebut, pemegang program Desa Siaga M. Saleh Isa, SKM menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini, di NTB masih terdapat 3 kabupaten dengan posyandu strata rendah, salah satunya termasuk Kabupaten Lombok Utara. Untuk itu Saleh menegaskan tujuan pembinaan yang dilakukan secara intensif tersebut agar posyandu di wilayah KLU bisa bangk.

Menurut Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan NTB Ida Ayu Kartini Tiyasa, S.Sos masih banyak elemen yang masih belum mengetahui secara benar indikator posyandu. Sehingga menghambat pengembangan posyandu itu sendiri. Lebih lanjut jelasnya, indikator dana sehat secara mandiri yang dikelola posyandu dapat digunakan untuk meningkatkan strata posyandu menjadi Mandiri. Setelahnya bisa dibina menjadi Posyandu Keluarga, dengan terintegrasi program lain, seperti Bank Sampah, dsb.

Diketahui saat ini terdapat 397 posyandu di KLU, dan penambahan 5 posyandu baru masih strata pratama. Sedangkan di Puskesmas Tanjung sendiri memiliki 88 posyandu dan baru terdapat 2 Posyandu Keluarga. Menurut dr. Bahrudin setiap kegiatan yang dilaksanakan baik di tk. daerah maupun desa, Dikes KLU selalu melakukan sosialisasi Posyandu Keluarga. Dari 33 desa di wilayah KLU akan ditunjuk desa yang siap untuk dibina menjadi Desa Siaga. Termasuk untuk rencana pembentukan SBH (Saka Bakti Husada), Dikes KLU akan melakukan kegiatan sosialisasi dan pembentukan struktur kepengurusan.

Sementara itu, pembinaan Kesjaor (Kesehatan Kerja dan Olahraga), pemegang program Kesjaor Widodo, SKM akan menyerahkan buku-buku pedoman Kesjaor ke Dikes KLU yang nantinya dibagikan ke Puskesmas wilayah setempat, serta menegaskan bahwa Provinsi mendukung terbentuknya pos UKK di daerah pesisir, mengingat masih minimnya pos UKK di daerah pesisir wilayah tersebut.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook