Bintek dan On The Job Training Pengendalian Kasus DBD dan Cikungunya di Kabupaten Dompu

Dalam upaya pengendalian Demam Berdarah Dengue di Kabupaten Dompu, Tim P2P Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan Bimbingan Teknis dan On The Job Training tentang survei vektor, pengendalian vektor DBD dan Chikungunya di Kabupaten Dompu, 9-11 Februari 2023.

Kegiatan ini melibatkan petugas puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Bidang P2P, yang terdiri dari kepala Bidang P2PL Hj. Maria Ulfa, S.Si, M. Kes dan petugas puskemas yang memiliki kasus DBD dan Chikungunya.

Peserta diberikan materi tentang penyakit DBD, khususnya tentang nyamuk Aedes Sp berupa morfologi, habitat, perilaku dari nyamuk Aedes Sp. serta cara pengendaliannya yang disampaikan oleh L. Simbawara, M. Si dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Selain bimbingan materi peserta juga diajak turun langsung menuju lokasi tempat kejadian DBD untuk dilakukan OJT tata cara survei vektor seperti tempat perindukan nyamuk yang didampingi langsung oleh Lurah Kandai 1, Deny Rahmansyah. S. STP. Hasilnya masih ditemukan jentik nyamuk di beberapa tempat berbeda seperti di bak penampungan air, dispenser dan lainnya.

Upaya intervensi langsung dilakukan berupa membuang air pada penampungan dispenser, penaburan larvasida pada bak penampungan penampungan air serta meng edukasi masyarakat cara membersihkan bak penampungan air tersebut.

Bagi peserta, kegiatan ini sangat bermanfaat mengingat baru kali ini diberikan informasi yang luas tentang nyamuk dan pengendalian nya.

#DinkesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #SalamSehat #HumasSehat