Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

BLKPK Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Petugas Pengambil Contoh Air

Permasalahan lingkungan hidup masih menjadi fenomena yang membutuhkan perhatian khusus. Pemantauan kualitas lingkungan, seperti air limbah, air permukaan, air minum, dan air tanah membutuhkan kecermatan mulai dari pemilihan strategi sampling, teknik sampling, penanganan contoh uji, pemilihan metode uji, pengujian di laboratorium sampai pengolahan data hasil uji.

Sekitar 70 % kesalahan hasil pemeriksaan disebabkan karena kesalahan pengambilan sampel.  Oleh karena itu diperlukan personel yang kompeten dan berkualitas sehingga hasil uji sesuai dengan yang diharapkan.

Sehubungan dengan hal tersebut maka Balai Laboratorium Kesehatan Pengujian dan Kalibrasi (BLKPK) Provinsi NTB menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Petugas Pengambil Contoh Air selama 2 hari yaitu 26 dan 27 Juni 2021.

Pelatihan ini diikuti oleh 21 orang peserta yaitu  praktisi petugas pengambil contoh air yang berasal dari kalangan praktisi industri dan instansi pemerintah, pranata laboratorium pendidikan, dengan narasumber dari  Konsultan Akreditasi Laboratorium Pengujian ISO 17025-2017  Drs. Adnan Rahman dan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H. Lalu. Hamzi Fikri, MM. MARS.

Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa pelatihan seperti ini sangat tepat di lakukan, ” saya berikan apresiasi yang luar biasa kepada Kepala BLKPK dan Tim yang telah menyelenggarakan pelatihan ini” ungkap beliau.

Beliau juga mengharapkan bahawa selanjutnya BLPKP bisa menyelenggarakan pelatihan-pelatihan lainnya yang terkait untuk meningkatkan kualitas SDM nya.

Terakhir beliau mengharapkan agar setelah pelatihan ini semua peserta dapat menerapkan apa yang diperoleh delama pelatihan sehingga nantinya kualitas pemeriksaan menjadi lebh baik.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.