Cegah Polio dan PD3I, Dinkes Lakukan Monev Surveilans AFP di Pulau Sumbawa

Pencegahan terjadinya KLB Polio dan PD31 di NTB dilakukan melalui kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan Surveilans AFP dan PD3I oleh Dinas Kesehatan NTB, dalam hal ini diwakili Seksi Surveilans Epidemiologi, Imunisasi dan Kesehatan Bencana, Bidang P2P.

Kegiatan dilaksanakan pada 5-7 Juni 2024 di Pulau Sumbawa, tepatnya di Kabupaten Bima (RS Kabupaten dan Puskesmas Sape), Kota Bima (RS Kota Bima dan Puskesmas Kumbe) dan Kabupaten Dompu (RS Dompu dan Puskesmas Soriutu).

Monev ini bertujuan untuk mengetahui capaian dan kinerja  pelaksnaan surveilans AFP dan PD3I di Kabupaten/Kota tersebut.

Sehubungan dengan terjadinya KLB polio dan PD3I di beberapa provinsi di Indonesia, maka diharapkan Kabupaten/Kota untuk dapat  meningkatkan capaian dan kinerja dari kegiatan surveilans AFP dan PD3I lainnya di semua fasilitas layanan kesehatan, di antaranya Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, Pustu, Polindes, Dokter Praktik dan Kader Kesehatan.

Dinkes NTB telah melakukan berbagai upaya terkait pencegahan KLB Polio dan PD3I yakni dengan mensosialisasikan ke semua fasilitas layanan kesehatan, melakukan reveiw register yang dilakukan oleh tim surveilans di masing-masing faskes, membuat alur penemuan kasus khususnya di rumah sakit dan puskesmas.

Pada tingkat puskesmas sudah dilakukan koordinasi di masing-masing kalster untuk kegiatan surveilans AFP.

Dipastikan pula kesiapan sarana dan prasarana dalam melakukan tatalaksana kasus, terutama alat pengambilan specimen.

Kegiatan tersebut diharapkan menghasilkan output berupa diketahuinya berbagai permasalahan pelaksanaan surveilans AFP dan PD3I di RS dan puskesmas, tersosialisasinya pelaksanaan surveilans ke seluruh dokter, perawat dan tenaga kesehatan lain, tercapainya target indikator pelaksanaan surveilans AFP dan PD3I, serta meningkatnya capaian penemuan kasus AFP dan PD3I.

#CegahPoliodanPD3I #NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat