Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Ciptakan Sekolah/Madrasah Sehat Melalui Implementasi Trias UKS/M Dengan Komponen Gizi Remaja

Kegiatan Fasilitasi Implementasi Trias UKS/M dengan komponen gizi remaja di Sekolah/Madrasah bagi Tim Pembina UKS/M Kabupaten/Kota dan Kecamatan, serta Tim Pelaksana UKS/M di Puskesmas dan Sekolah telah dilaksanakan sejak  5 September lalu, dan akan dilaksanakan hingga 27 September mendatang.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari di setiap Kabupaten/Kota, yaitu di Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Dompu, Lombok Timur, Lombok Tengah, Kota Bima dan Kota Mataram. Tujuan dari kegiatan ini adalah memfasilitasi Tim Pembina UKS/M Kabupaten/Kota dan Kecamatan, serta Tim Pelaksana UKS/M di Puskesmas dan Sekolah dalam membentuk sekolah/madrasah sehat, melalui implementasi komponen gizi remaja.

Prevalensi anemia yang tinggi menjadikan Provinsi NTB sebagai salah satu dari 12 provinsi yang menjadi lokus penurunan stunting di Indonesia. Salah satu strategi penurunan angka anemia pada remaja putri dan peningkatan status gizi remaja adalah dengan melaksanakan Program Aksi Bergizi Remaja di beberapa sekolah/madrasah, yang kegiatannya diintegrasikan dan dilaksanakan melalui Trias UKS/M tersebut.