Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ”Kesetaraan Dalam Kesehatan Jiwa Untuk Semua”

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober, untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan jiwa.

HKJS pertama kali diperingati pada 10 Oktober 1992 sebagai kegiatan tahunan Federasi Kesehatan Jiwa Sedunia. Dengan tujuan awal untuk mengkampanyekan advokasi kesehatan mental dan mendidik masyarakat tentang isu-isu yang relevan terkait kesehatan mental.

HKJS tahun 2021 ini merupakan peringatan yang ke-27 dengan tema nasional adalah ‘Mental Health in An Unequal World‘ atau ‘Kesetaraan Dalam Kesehatan Jiwa Untuk Semua’. Tema ini dipilih karena masalah kesehatan jiwa merupakan masalah yang universal, yakni banyak dialami oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pandemi COVID-19 berdampak besar pada kesehatan mental masyarakat. Beberapa kelompok, termasuk tenaga kesehatan dan pekerja garis depan lainnya, pelajar, orang yang tinggal sendiri, dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental yang sudah ada sebelumnya, sangat terpengaruh.

Peringatan HKJS merupakan salah satu momentum untuk mengkampanyekan bahwa semua orang berhak mendapatkan layanan kesehatan jiwa yang berkualitas dan perlunya upaya bersama berbagai pihak untuk mencegah dan mengendalikan masalah kesehatan jiwa.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengucapkan Selamat Hari Kesehatan Jiwa Nasional. Mari menjaga kesehatan mental, karena pikiran yang sehat sangat penting untuk tubuh yang sehat. (reny.red).

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.