Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Hari Sadar Bising Sedunia

Gangguan pendengaran merupakan gangguan kesehatan dimana manusia kehilangan kemampuan mendengarnya secara bertahap, mulai dari tidak mampu mendengar suara pelan atau normal sampai tidak bisa mendengar suara apapun karena sinyal suara gagal mencapai otak.

Melalui peringatan Hari Sadar Bising Sedunia  yang diperingati setiap tanggal 24 April, bertujuan untuk menggugah kepedulian masyarakat untuk mengenal dan waspada terhadap kebisingan, juga menganjurkan warga masyarakat agar membebaskan organ pendengaran mereka dari paparan kebisingan.

Kebisingan merupakan suatu suatau masalah yang tidak hanya mengancam kesehatan pendengaran, tetapi mental dan psikologi juga dapat menyebabkan stress dan stress berbahaya bagi kesehatan.  Dalam jangka panjang, kebisingan menyebabkan gangguan pendengaran dan gangguan pendengaran itu sendiri merusak kesehatan dan kesejahteraan.

Kebisingan di atas 80 dB dapat menyebabkan kegelisahan, tidak enak badan, kejenuhan mendengar, sakit lambung, dan masalah peredaran darah. Secara umum, semakin kencang suara, semakin cepat pendengaran akan mengalami gangguan. Hentakan suara yang berulang-ulang pada serabut saraf dapat menyebabkan kerusakan sementara pada awalnya, dan akhirnya akan mengalami kerusakan, kerusakan pada sel-sel ini menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

Yuk kita hormati menghormati hak orang disekitar untuk memperoleh suasana lingkungan yang damai dan tenang, mengecilkan volume radio, televisi serta sistem stereo pribadi, tidak membunyikan klakson kendaraan, kecuali dalam keadaan bahaya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.