Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Make Lupus Visible

Hari Lupus Sedunia (World Lupus Day) diperingati setiap tanggal 10 Mei setiap tahunya.  Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang lain akan penyakit lupus. 

Tema hari Lupus Sedunia tahun 2021 ini adalah ”Make Lupus Visible” Artinya adalah membuat lupus terlihat.  Dengan harapan semakin banyak masyarakat mengetahui penyakit ini, sehingga odapus (pasien lupus) dapat ditekan jumlahnya

Lupus atau Lupus Eritematosus merupakan penyakit autoimun kronis yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, imun yang seharusnya melindungi tubuh dari serangan penyakit, malah balik menyerang sel-sel, jaringan, serta organ tubuh lainnya.

Pada kondisi normal, sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi atau cedera. Namun, saat seseorang mengalami penyakit lupus, sistem imun justru menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat.

Ikatan Dokter Anak Indonesia menyatakan penderita lupus yang dalam proses pengobatan akan lebih berisiko terjangkit virus corona atau Covid-19 karena sistem kekebalan tubuh menurun akibat konsumsi obat.

Oleh sebab itu, pencegahan penyakit atau orang dengan penyakit lupus harus lebih hati-hati. Apalagi, para penderita lupus yang sedang melakukan terapi harus ekstra dalam mencegah infeksi.

Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

  • Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir
  • Menggunakan masker dengan benar
  • Menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas fisik
  • Melakukan pola hidup sehat yaitu : makan makanan bergizi, cukup tidur, olahraga teratur, manajemen stress yang baik.

Selamat Hari Lupus Sedunia 2021, mari bersama tingkatkan kepedulian dan dukungan untuk Odapus dan keluarganya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.