Menutup Kesenjangan dalam Perawatan Asma

Hari Asma Sedunia (World Asthma Day/WAD)  diperingati setiap tanggal 5 Mei untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit asma dan bagaimana penangananya.

Tema Hari Asma Sedunia tahun 2022 ini adalah ”Menutup Kesejangan Dalam Perawatan Asma” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian agar menghilangkan kesenjangan dalam perawatan dan pengobatan asma di seluruh dunia serta mendorong pelayanan tata laksana penderita asma yang lebih baik khususnya pada penderita asma yang tidak terkendali sehingga mengurangi resiko kambuhnya penyakit asma yang tidak diinginkan, dan dapat dicegah dampaknya. 

Asma dapat mengenai semua umur namun lebih sering terjadi pada usia anak dan dewasa muda. Hal ini terutama disebabkan ketika saluran udara di paru-paru menyempit menjadi peradangan dan pengencangan otot. Tingkat keparahan asma bervariasi dari orang ke orang dan sangat tergantung pada infeksi virus, debu, asap, kondisi cuaca, serbuk sari, hewan, sabun dan parfum.

Ada beberapa gejala umum Asma yang harus diwaspadai orang tua yaitu :

  1. Batuk, terutama pada malam hari
  2. Suara mengi atau bersiul, terutama saat menghembuskan napas
  3. Kesulitan bernapas atau napas cepat yang menyebabkan kulit di sekitar tulang rusuk atau leher tertarik ke dalam
  4. Sering masuk angin yang menetap di dada.

Meskipun tidak dapat disembuhkan, tapi asma dapat dikendalikan agar tidak mengganggu aktivitas.  Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pencegahan Asma yaitu :

  1. Kontrol lingkungan dengan menghindari alergen
  2. Tingkatkan kesehatan optimal
  3. Konsumsi gizi seimbang
  4. Istirahat cukup, tidur dan olahraga yang teratur
  5. Minum cukup
  6. Hindari merokok dan asap rokok
  7. Latihan nafas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *