Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Peringati Hari Air Sedunia Dikes Provinsi Launcing Gerakan Biopori

Hari Air Sedunia (World Day for Water) Tahun 2021 ini mengangkat tema ”Valuing Water atau Menghargai Air” merupakan perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian masyarakat akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan. 

Air adalah komponen utama adanya kehidupan di muka bumi ini, mari tingkatkan penghargaan terhadap air dengan tidak berlaku semena mena terhadap air dimana pun adanya.  Sebagai contoh : tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah atau  limbah,  tidak berlaku boros dalam penggunaan air utamanya air bersih karena di belahan dunia lain kemungkinan masih banyak masyarakat yang kekurangan air bersih.

Terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini, ketika mencuci tangan dan menjaga kebersihan dengan air bersih menjadi pertahanan yang baik terhadap infeksi.  Oleh karena itu akses air bersih otomatis menjadi kunci penting untuk mencegah penularan virus corona yang jadi penyebab Covid-19.

Sebagai upaya untuk ikut melestarikan dan menjaga ketersediaan air Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan gerakan Biopori yang akan launcing pada hari jumat mendatang.

Biopori yang berbentuk lubang silindris di tanah berfungsi untuk meningkatkan daya serap air pada tanah dan mengurangi genangan air dan sangat bermanfaat pada musim penghujan, selain itu lubang biopori juga meningkatkan pertumbuhan tanaman di sekitar lubang sehingga akan tercipta lingkungan yang hijau. Mari kita dukung gerakan Biopori untuk menjaga ketersediaan air tanah.

Editor : Reny

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.