Desa Palibelo Bima. Deklarasikan diri Sebagai Desa ODF

Open Defaction Free (ODF) merupakan pengertian dari sebuah Desa / Keluarahan yang masyarakatnya 100% telah membuang air besar pada jamban sehat. yaitu mecapi 1 pilar dari 5 pilar STBM yang artinya ada perubahan prilaku seluruh masyarakat di Desa / Keluarahan tersebut sudah tidak lagi membuang air sembarangan, dan sudah memiliki jamban sehat.

Perubahan prilaku tersebut merupakan implementasi dari Program BASNO yang di gencarkan pemerintah. Sebuah Desa / Kelurahan berhak mendeklarasikan diri sebagai Desa ODF (Open Defaction Free) atau Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) yang menunjukkan perubahan prilaku dan sikap dari masyarakat setempat terkait kesehatan.

Sementara untuk menetapkan status Desa ODF (Open Defaction Free atau SBS (Stop Buang Air Sembarangan) perlu di lakukan verifikasi o;eh pihak terkait. Dalam hal ini Dinas Kesehatan.  Proses verifikasi perlu dilakukan untuk memastikan terjadinya perubahan perilaku masyarakat di Desa / Kelurahan.

Proses verivikasi dilakukan sebelum melakukan deklarasi desa STBM, ataupun Deklarasi Desa Stop Buang air besar Sembarangan (SBS). Ini merupakan serangkaian proses kegiatan penilaian yang dilakukan oleh tim verifikasi terhadap pernyataan bahwa telah terjadi perubahan perilaku.

Maka pada tanggal 21- 23 Oktober 2020 lalu Dinas Kesehatan Provisi NTB, melalui Seksi Kesehatan Lingkungan melakukan verifikasi Desa ODF (Open Direction Free) dan SBS (Stop Buang Air Sembarangan) kepada Desa Palibelo Kecamatan Belo Kabupaten Bima.

Verifikasi yang dilakukan untuk menilai beberapa poin yaitu :

Improved Latrine atau Jamban Layak sesuai dengan MDG termasuk WC siram / leher angsa yang tersambung ke pipa pembuangan limbah (sewer)

Septic Tank atau  lubang, WC cubluk dengan fentilasi udara (ventilated improved pit latrines), cubluk dengan slab atau papan yang menutup seluruh lubang.

Unimproved facilities atau Jamban tidak layak termasuk WC umum (public or shared facilities)

WC Siram atau leher angsa yang dibuang langsung ke saluran terbuka

WC cubluk tanpa tutup, WC ember, WC gantung atau WC yang langsung dibuang ke saluran air, atau BABS di tempat terbuka, kebun/hutan atau saluran air.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook