Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Dikes NTB Dukung Pencanangan Health Tourism NTB

Pada hari Senin, 20 Januari 2020 dilakukan Rapat terkait Pengembangan Health Tourism di Ruang Rapat Anggrek Setda Provinsi NTB. Dimana pada kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai sektor terkait dalam pengembangan health tourism yakni Dinas Kesehatan Provinsi maupun Kab/Kota terkait, Dinas Pariwisata Provinsi maupun Kab/ Kota terkait, Bappeda Provinsi, Biro Kesra, RSUD Provinsi NTB, RSUD Kota Mataram, beberapa Puskesmas terpilih dan lembaga lain seperti Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Kegitan tersebut dibuka langsung oleh Sekda Provinsi NTB L. Gita Ariyadi dimana beliau menyampaikan bahwa pada saat NTB mencanangkan Health Tourism, maka harus didukung oleh komitmen semua sektor yakni dalam pemenuhan standar. Beberapa best practise dari daerah lain dapat dijadikan contoh dalam pengembangan health tourism di NTB.

Adapun beberapa kesimpulan pada kegiatan rapat tersebut, antara lain :

  • Pemerintah Daerah menyusun roadmap jangka pendek, menengah maupun jangka panjang dari pengembangan health tourism Provinsi NTB
  • Dinas Kesehatan Provinsi NTB menyusun tim gugus kerja pengembangan health tourism di Provinsi NTB
  • Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan pemetaan di setiap kabupaten/kota berbagai jenis layanan unggulan rumah sakit beserta kelengkapan/ ketersediaan sumber daya khususnya SDM dokter spesialis.
  • Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan pemetaan di Kabupaten/ Kota dalam mendukung wellness program yang merupakan potensi yang akan dikembangkan sebagai paket dengan wisata medis.
  • Dinas Kesehatan Provinsi NTB memenuhi kebutuhan fasilitas kesehatan di daerah lokasi wisata khususnya kegawatdaruratan dasar.
  • RSUD Kota Mataram dan RSUD Provinsi NTB menyusun paket layanan dengan wellness program bersama ASITA dan PHRI Provinsi NTB.
  • Dinas Pariwisata Provinsi NTB melakukan promosi paket health tourism pada berbagai event yang masuk dalam kalender kegiatan Tahun 2020.
  • Semua sektor terkait menyusun jejaring koordinasi dengan pihak lain dalam pengembangan health tourism yakni misalnya dengan guider.

Dokumentasi Kegiatan :

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.