Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Dikes NTB Gelar Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Virus Corona (2019-nCoV)

Dikes NTB Gelar Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Virus Corona (2019-nCoV). Mataram, Senin (27/1/2020).

Sore tadi berlangsung rapat koordinasi lintas program dan lintas sektor yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi NTB di Aula Prima Husada Dikes, menyusul merebaknya Virus Corona di Wuhan, China dalam beberapa hari ini.

Rapat dipimpin langsung Kepala Dinas dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., MPH. Dijelaskan, virus yang dapat menyebabkan kematian tersebut menimbulkan gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, dan hingga saat ini belum ada vaksinnya.

Lebih lanjut dr. Eka menegaskan gejala yang ditimbulkan oleh virus nCoV tersebut mungkin dirasa umum, namun apabila si penderita sebelumnya ternyata memiliki riwayat perjalanan dari Negara terjangkit (China), maka harus dilakukan tatalaksana sesuai prosedur. Apabila penderita diidentifikasi di fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas atau praktek dokter, maka penderita harus segera dirujuk ke RS rujukan yang ditunjuk, yakni di RS H.L. Manambai Sumbawa dan RSUD Provinsi NTB, untuk selanjutnya dilakukan perawatan isolasi, pengambilan spesimen, dan observasi ketat oleh petugas kesehatan dengan APD (Alat Pelindung Diri) sesuai standar.

Untuk deteksi dini dan respon di pintu masuk wilayah NTB, dilakukan di Bandara (Lombok International Airport) dengan menggunakan Thermal Scanner. Dalam hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab KKP. Dalam rapat dr. Eka meminta, baik KKP maupun Dinas Pariwisata untuk setiap hari melakukan update data wisatawan yang datang ke NTB, terutama wisatawan yang datang dari negara terjangkit.

Hadir dalam rapat koordinasi selain dari seluruh elemen Dikes NTB, yakni perwakilan dari Diskominfotik, FK Unram, Dinsos Provinsi NTB, Biro Kesra Setda NTB, BPBD, KKP Mataram, RSUD Provinsi NTB, Dinas Pariwisata Provinsi NTB, BLKPK NTB dan BBPOM Mataram.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.