Dinas Kesehatan Gelar Pelatihan Self Assessment dan Pengolahan Data MTBS Secara Virtual

Melalui Seksi Kesehatan Keluarga Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi NTB menggelar Pelatihan Self Assessment dan Pengolahan Data Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) secara virtual pada hari Sabtu, 27 Agustus 2020 di Hotel Aston Inn Mataram.

MTBS adalah suatu pendekatan pelayanan balita yang terintegrasi atau terpadu di unit rawat jalan fasilitas pelayanan kesehatan dasar, seperti puskesmas, pustu, polindes atau poskesdes yang bertujuan untuk mengurangi kematian, kesakitan dan kecacatan balita. Diketahui sekitar 70% kematian balita disebabkan oleh pneumonia, diare, malaria, campak dan malnutrisi, dan MTBS menjelaskan tatalaksana penyakit-penyakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., MPH dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan penerapan MTBS dan penilaian perlu dilakukan secara cepat terhadap semua gejala anak sakit, sehingga dapat segera ditentukan apakah anak dalam keadaan sakit berat dan perlu
segera dirujuk atau bisa ditangani di fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

Lebih lanjut dijelaskan sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan pelayanan MTBS di tingkat puskesmas, maka perlu dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaanya untuk mengukur dan menilai apakah pelaksanaan sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Terlebih di masa pandemi Covid-19, ia berharap agar MTBS dapat diintegrasikan dengan baik pada upaya skreening atau penemuan dini kasus Covid-19 pada anak.

Acara ini terlaksana melalui dukungan dana dari UNICEF dan IAKMI Provinsi NTB tahun 2020, yang tujuannya agar kabupaten/kota mampu melakukan monitoring dan mentoring pelayanan MTBS berbasis self assessment di wilayah kerjanya masing-masing. Dalam kesempatan ini peserta berasal dari kabupaten/kota yang terpilih,
yaitu Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Tengah. Selain itu kab/kota juga diharapkan mampu melakukan pengolahan data pada hasil monitoring dan mentoring MTBS yang didapat.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook