Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Dinas Kesehatan se-NTB Pantau dan Identifikasi Pencapaian DAK Pencapaian Lewat Rakontek Perencanaan 2023

Monitoring dan evaluasi secara terus menerus perlu dilakukan untuk memantau dan mengidentifikasi risiko penghambat pencapaian tujuan program DAK bidang kesehatan, termasuk melalui Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Perencanaan 2023, yang telah dilaksanakan pada 24 hingga 27 Agustus 2022, di Aston Inn, Mataram.

Rakontek yang melibatkan peserta dari Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit seluruh Kab/Kota se-Provinsi NTB ini merupakan pertemuan perencana yang pertama kali dilakukan secara luring, setelah 2 tahun hanya bisa bertemu via daring.

Salah satu narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Lalu Miftahul Ulum ST., mewakili Kepala Bappeda Provinsi NTB, yang menyampaikan Kebijakan Pemerintah Provinsi NTB terkait Usulan Program dan Kegiatan Bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023.

Selain Lalu Miftah, ada pula Ibu Dewanti Septiana M.S.Pt.,MP., selaku Auditor Madya Inspektorat Lombok Barat, serta perwakilan dari Biro Perencanaan Kementerian Kesehatan RI, yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini via Zoom Meeting. Salah satunya Efraim Mudumi, Analis Perencanaan dan Anggaran (JFU) di Biro Perencanan dan Anggaran Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI.

Efraim menyampaikan beberapa hal dalam materinya, termasuk perihal revisi BOK yang terkait dengan Insentif UKM. Menurut Efraim, 90% kabupaten dan kota se-NTB sudah melakukan revisi kecuali kota bima.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Edi Ramlan, SKM., MPH., menutup acara ini dan menyampaikan kepada peserta untuk segera menyelesaikan revisi BOK Puskesmas untuk penambahan menu insentif UKM TA.2022. Penyelenggaraan Rakontek diharapkan dapat menghasilkan output akhir berupa perolehan data realisasi DAK, baik di tingkat provinsi maupun kab/kota, dan dapat mengidentifikasi masalah, termasuk dalam upaya percepatan pelaksanaan DAK 2022, serta dapat memperoleh data informasi untuk usulan DAK 2023. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia, M. Ismed Nurromadony, S.St.

09