Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Dinkes dan Kemenag Provinsi NTB Gelar Tes IVA dan Sadanis Gratis

Sebagai upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) salah satunya adalah dengan melakukan Screening atau Deteksi Dini PTM kepada masyarakat yang mempunyai faktor resiko sesuai dengan kelompok umur dan jenis penyakitnya.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan sebagai tindak lanjut kerjasama serta integrasi program antara Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Agama RI dilaksanakan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) sebagai upaya deteksi dini penyakit kanker servik dan kanker payudara pada tanggal 10 Agustus secara serentak di seluruh Indonesia.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB bekerjasama dengan Kementerian Agama menggelar Pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) sebagai upaya deteksi dini penyakit kanker servik dan kanker payudara yang dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Agustus 2022 Rumah Dinas Kakanwil Kemenag Provinsi NTB.

Kegiatan Deteksi dini juga dilaksanakan Provinsi NTB yaitu kerjasama dan kolaborasi antara Kanwil Kementerian Agama, Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dinas Kesehatan Kota Mataram, Dharma Wanita Persatuan Kemenag NTB, BKKBN.  Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Agustus 2022 yang di  dipusatkan pada Rumah Dinas Kakanwil Kemenag Provinsi NTB berjalan lancar dan efektif.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Kota Mataram sebagai OPD teknis dalam pelaksanaan deteksi dini (pemeriksaan IVA dan SADANIS) dilakukan oleh petugas kesehatan (Dokter, Bidan dan Perawat serta tenaga Laboratorium) seluruh puskesmas Kota Mataram.

Pemeriksaan IVA, SADANIS dan Kesehatan Jiwa dengan sasaran Ibu-ibu Darmawanita Lingkup

Kemenag NTB dengan sasaran sebanyak 300 orang ( Kanwil kemenag 150 dan UIN 150) dan ditargetkan pelaksanaan masing-masing 50 orang sehari selama 3 hari dari tanggal 10-13 Agustus 2022.

Dari sasaran 150 orang pada Kanwil Kemenag NTB pada hari pertama sudah mencapai  45 orang untuk pemeriksaan IVA dan 54 orang untuk pemeriksaan Sadanis, sasaran yang belum mendapat pelayanan hari pertama, akan mendapat pelayanan pemeriksaan IVA dan SADANIS di Fasilitas Kesehatan yang ada di Kota Mataram dan Klinik Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram sampai tanggal 13 Agustus.

Kegiatan Deteksi dini pemeriksaan IVA dan SADANIS juga dilaksanakan secara serempak di Kabupaten/Kota Provinsi NTB, kerjasama antara Dinas Kesehatan dengan Kemenag. Semoga dengan pemeriksaan IVA dan SADANIS yang dilakukan sejak dini dan kerjasama lintas sector ini berjalan terus dengan harapan, kasus Kanker Servik dan Kanker Payudara di Provinsi NTB dapat di tekan hingga kematian akibat kanker dapat di turunkan.