Dinkes Kalimantan Timur Kaji Tiru 5 Pilar STBM di Provinsi NTB

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Provinsi NTB dalam rangka Kaji Tiru 5 Pilar STBM Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis (22/2/2024) di Aula Bhakti Husada.

Kunjungan rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, Dr. dr. H. Jaya Mualimin, Sp.Kj.M.Kes.MARS., diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dr. dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM., MARS.

Provinsi NTB sebagai Provinsi yang berkomitmen melakukan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sampai dengan 5 pilar, yakni berhenti buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Saat ini, 9 dari 10 Kabupaten/Kota di NTB telah mencapai 5 Pilar STBM. Komitmen ini terus dilakukan pemerintah Provinsi NTB dengan pengawasan rutin dan penguatan kerja sama lintas sektor, termasuk dengan masyarakat.

Kaji tiru ini bertujuan untuk mengetahui regulasi dan implementasi 5 pilar STBM di Provinsi NTB, mengetahui peranan lintas sektor dalam melaksanakan perubahan perilaku Masyarakat, mempelajari implementasi 5 pilar STBM, Gerakan inovasi dan kiat-kiat yang dilakukan dalam pelaksanaan 5 pilar STBM menuju SBS dan Desa/Kelurahan 5 pilar STBM, serta menjaring komitmen daerah mitra dalam menuntaskan SBS dan 5 pilar STBM dalam mencapai target indikator sanitasi dan air minum aman.

#STBM #NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat]