Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Dinkes NTB Apresiasi Komitmen Kabupaten/Kota Percepat Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

Mewakili Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM., MARS hadir dalam acara Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Assunnah Lombok Timur, pada Selasa (14/9) lalu. Acara pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil tidak hanya diselenggarakan di Lombok Timur, tetapi juga berlangsung secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB. Selain secara offline acara pencanganan juga dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom, sehingga Kepala Dinas berkesempatan melakukan dialog dengan penyelenggara pencanangan dari kabupaten/kota lainnya. Tak lupa dalam kesempatan tersebut dr. Fikri (sapaan akrabnya) memberikan apresiasi atas semangat dan komitmen seluruh kabupaten/kota yang menyelenggarakan kegiatan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil hari itu, sebagai upaya percepatan pemberian vaksin Covid-19 kepada ibu hamil.

Pada kesempatan bincang-bincang melalui zoom meeting saat itu dapat diketahui kegiatan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil yang digelar di masing-masing kabupaten/kota berlangsung lancar dan antusias sasaran vaksinasi, yakni ibu hamil dengan usia kehamilan di atas 13 minggu dapat disaksikan bersama oleh seluruh yang hadir, baik secara offline maupun  online. Khusus untuk stand pelayanan vaksinasi yang digelar di halaman Ponpes Assunnah Lombok Timur pada hari itu, hadir sekitar 200 sasaran ibu hamil.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi yang juga merupakan putra daerah Lombok Timur tersebut  mengungkapkan bahwa sasaran vaksinasi kepada ibu hamil menjadi perhatian baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, karena ibu hamil merupakan kelompok rentan (terhadap paparan virus Corona), sehingga perlu dilakukan percepatan vaksinasi bagi ibu hamil, mengingat sasaran untuk ibu hamil di NTB cukup besar yakni sejumlah 37.142 sasaran, dan khusus untuk Kabupaten Lombok Timur sendiri tercatat sejumlah 9.342 sasaran ibu hamil, ujar dr. Fikri.

Vaksin yang dapat digunakan kepada ibu hamil antara lain Phizer, Sinovac dan Moderna. Namun untuk saat ini, menurut Kepala Dinas sasaran ibu hamil  di NTB diberikan vaksin Sinovac, selanjutnya untuk pemberian vaksin kedua sasaran ibu hamil akan diberikan vaksin sesuai dengan jenis vaksinnya. dr. Fikri juga menegaskan semua sasaran ibu hamil bisa memperoleh vaksinasi Covid-19 di setiap fasilitas kesehatan, seperti puskesmas terdekat.

Ucapan terima kasih juga dilontarkan atas kerjasama dan kerja bersama seluruh lintas program dan lintas sektor terkait, sehingga kegiatan pencanangan dan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dapat terselenggara dengan lancar, dan harapannya akan tetap dilaksanakan dengan penuh komitmen hingga target sasaran vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil khususnya di NTB dapat terpenuhi. Hingga berita ini diturunkan jumlah ibu hamil di Lombok Timur yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 sejumlah 1.905 dari jumlah sasaran sebesar 9.342 ibu hamil. 

Kegiatan dibuka oleh Bupati Lombok Timur dan turut hadir dalam kegiatan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil pada hari itu antara lain Pimpinan Pondok Pesantren Assunnah Lombok Timur, Ketua TP-PKK Lombok Timur, Plt. BKKBN Perwakilan Provinsi NTB, Perwakilan dari DP3AP2KB Provinsi NTB, Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur dan jajaran, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Forkopimda Kabupaten Lombok Timur, Ketua POGI Provinsi NTB, Ketua IBI Lombok Timur, dan lintas program/lintas sektor lainnya. Mari Sahabat Sehat NTB…Sayangi dan lindungi ibu hamil dengan Vaksinasi Covid-19!

Penulis : I Gusti Ayu Juliantari, S.ST.,S.Si.,MPH

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.